NU: Cuci Tangan sambil Baca Al Fatihah Bunuh Virus Corona

Antara ยท Kamis, 14 Mei 2020 - 14:38 WIB
NU: Cuci Tangan sambil Baca Al Fatihah Bunuh Virus Corona

Diskusi daring "Dukungan Relawan Organisasi Keagamaan dan Relawan Indonesia Bersatu" di Jakarta, Kamis (14/5/2020). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Organisasi kemasyarakatan (ormas) berbasis keagamaan turut mengambil peran mengedukasi masyarakat dalam upaya memutus penularan virus corona. Salah satunya dengan meminta masyarakat rajin cuci tangan.

Ketua Satuan Tugas Nahdlatul Ulama (NU) Peduli COVID-19, dr Muhamad Makky Zamzani mengatakan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik efektif membunuh virus corona. Untuk menghitung 20 detik itu Makky menyarankan masyarakat beragama Islam bisa mencuci tangan sambil membaca surat Al Fatihah.

"Cuci tangan 20 detik bisa kita ganti sambil membaca surat Al Fatihah, kira-kira lamanya segitu," kata Makky dalam diskusi daring "Dukungan Relawan Organisasi Keagamaan dan Relawan Indonesia Bersatu" di Jakarta, Kamis (14/5/2020).

Makky menjelaskan imbauan itu harus diikuti peningkatan fasilitas cuci tangan di tempat-tempat umum yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Antara lain pasar, halte, stasiun, dan lain-lain.

Gerakan itu bisa efektif jika ada dukungan dari masyarakat. Misal ada kesadaran untuk mengisi penampung jika debit air sudah menipis.

"Kami mohon keterlibatan masyarakat agar gerakan ini berhasil memutus penyebaran corona," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama