OTT Bupati Bengkayang Kalbar, KPK Sita Uang Ratusan Juta

Ilma De Sabrini · Rabu, 04 September 2019 - 12:08:00 WIB
OTT Bupati Bengkayang Kalbar, KPK Sita Uang Ratusan Juta
Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (Foto: iNews.id/Ilma de Sabrini)

JAKARTA, iNews.id - Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kalimantan Barat, Rabu (4/9/2019) malam menjaring enam orang. Satu di antaranya adalah Bupati Bengkayang Suryadman Gidot.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan pihaknya juga mengamankan uang yang ditaksir berjumlah ratusan juta rupiah. Uang tersebut disita KPK dan dijadikan sebagai barang bukti.

Mantan aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) ini juga mengungkapkan, OTT tersebut terkait dengan proyek di Kabupaten Bengkayang.

"Ada uang ratusan juta juga yang kami amankan sebagai barang bukti. Diduga ada transaksi terkait proyek di Pemkab Bengkayang," kata Febri saat dikonfirmasi, Rabu (4/9/2019).

Selain Bupati Bengkayang, penyidik KPK juga mengamankan Sekretaris Daerah (Sekda) dan salah satu Kepala Dinas Pemka Bengkayang.

"6 orang termasuk Bupati, pejabat Pemkab lain sudah di KPK. Dua lainnya dibawa pagi ini ke KPK dari Pontianak. Mereka sedang proses pemeriksaan secara intensif," ucapnya.

Sesuai dengan peraturan perundang-undangan, KPK memiliki waktu 24 jam untuk menentukan status mereka yang diamankan. Terkait dengan status hukum enam orang itu rencananya KPK akan menggelar konferensi pers sore hari ini.

Editor : Djibril Muhammad