Panglima TNI dan Menteri Susi Sepakat Perkuat Keamanan Sektor Maritim

Wildan Catra Mulia ยท Senin, 11 Februari 2019 - 17:59 WIB
Panglima TNI dan Menteri Susi Sepakat Perkuat Keamanan Sektor Maritim

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti (Foto: IST)

JAKARTA, iNews.id – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait penguatan sektor maritim, Senin (11/2/2019). Dalam nota kesepahaman  itu, TNI dan KKP sepakat bekerja sama dalam penguatan ketahanan pangan dan pengamanan sektor kelautan dan perikanan.

“TNI mendukung KKP menjaga laut kita agar KKP bisa mengelolanya tanpa ada gangguan dari dalam dan luar. Kami siap menggelar kekuatan, mulai dari pencuri benur, biota laut, flora dan fauna, kita lindungi semua. Saya harapkan kita semua dari TNI berkomitmen mendukung kebijakan KKP. Quote dari ibu, Tenggelamkan," kata Panglima Hadi dalam keterangannya, Senin (11/2/2019).

Nota kesepahaman berlaku dalam jangka waktu lima tahun terhitung sejak ditandatangani dan dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan, berdasarkan evaluasi dan kesepakatan para pihak. Nota kesepahaman itu ditindaklanjuti melalui perjanjian kerja sama antara KKP dan TNI Angkatan Udara, Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan serta TNI Angkatan Laut.

BACA JUGA: Anies Pastikan Pemprov Ambil Alih Pengelolaan Air Bersih dari Swasta

Menteri KKP Susi Pudjiastuti menuturkan, kesepakatan ini menandai penguatan kerja sama antara KKP dan TNI yang sebenarnya sudah terjalin. Berbagai penegakan hukum terkait pelanggaran di laut telah ditindaklanjuti di bawah Satgas 115 bentukan Presiden Joko Widodo lewat Perpres Nomor 115 Tahun 2015.

Adapun Satgas 115 ini terdiri atas TNI AL, Polri, Bakamla, dan Kejaksaan.

“Saya pikir ini adalah puncak dari recognition antara KKP dan TNI karena selama ini kita sudah kerja sama dengan sangat baik. Apa yang kita raih di KKP dalam menjaga sumber daya laut karena kerja sama dengan TNI baik angakatan laut, udara, maupun darat," ujar Menteri Susi.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto