Pansus IKN Ingin Tetap Beri Status Khusus ke Jakarta Meski Bukan Ibu Kota

Felldy Utama ยท Selasa, 18 Januari 2022 - 16:44:00 WIB
Pansus IKN Ingin Tetap Beri Status Khusus ke Jakarta Meski Bukan Ibu Kota
Ahmad Doli Kurnia (foto: Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) telah disahkan menjadi UU di DPR. Nantinya, Jakarta tidak akan lagi menyandang status ibu kota.

Ketua Panitia Khusus RUU IKN, Ahmad Doli Kurnia, menyebut pihaknya tetap ingin menyematkan predikat khusus ke Jakarta, usai statusnya sebagai ibu kota dicabut dan akan dipindahkan ke Nusantara. 

Menurut dia, Jakarta masih perlu mendapatkan kekhususan tersebut. Hal itu menimbang pada nilai sejarah dan kontribusi Jakarta di Indonesia.

"Kami juga kemarin dari awal juga sempat menyinggung ya soal status Jakarta setelah pemindahan ini. Semua hampir sepakat bahwa kita juga harus tetap memberikan kekhususan kepada Jakarta. Tapi tidak lagi khusus ibu kota ya kan," kata Doli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Doli menyampaikan, kekhususan itu nantinya akan dibahas lebih lanjut. Akan tetapi, secara pribadi, dia sendiri sudah memiliki bayangan terhadap status Jakarta ke depannya.

"Nah tinggal kekhususannya kayak apa, ya mungkin kalau belajar dari pengalaman-pengalaman di negara lain, misalnya di Amerika dari New York ke Washington DC, New York kemudian berkembang menjadi kota bisnis. Mungkin bisa saja jadi seperti itu, bisa jadi begitu," ujarnya.

"Misalnya dari Melbourne ke Canberra, Melbourne kan dikenal sekarang sebagai kota pendidikan. Kita nggak tahu (Jakarta berstatus apa)," tutur dia.

Editor : Reza Fajri

Bagikan Artikel: