Pasar Kembali Ramai, Jokowi Ingatkan Aturan PSBB Corona

Felldy Utama ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 11:26 WIB
Pasar Kembali Ramai, Jokowi Ingatkan Aturan PSBB Corona

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Pedagang maupun pembeli di pasar tradisional diminta tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19). Mulai dari menjaga jarak hingga memakai masker.

Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi pers melalui video konferensi sebelum memulai rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Selasa (19/5/2020).

"Saya melihat pasar tradisional mulai ramai, karena banyak yang belanja dalam rangka persiapan hari raya (Idul Fitri). Saya ingin ini dipastikan ada petugas di lapangan betul-betul bekerja untuk mengingatkan mengenai protokol kesehatan secara terus menerus," ujar Jokowi.

Dia menuturkan, sosialisai penerapan protokol kesehatan maupun aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) perlu digencarkan. Termasuk beribadah di rumah selama masa wabah virus corona.

"Yang kita imbau peribadatan yang dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Anjuran ibadah di rumah yang bisa dilakukan bersama-sama ini saya kira juga sering kita sampaikan," ucapnya.

Menurutnya, kedisiplinan diri sangat penting dalam pengendalian wabah virus corona. Mulai dari rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan dibilas dengan iar bersih hingga menghindari keramaian.

"Saya minta betul-betul protokol kesehatan dipastikan di lapangan, terutama menjelang Idul Fitri dan pada saat Idul Fitri," katanya.

Editor : Kurnia Illahi