Pasar Oligopoli: Pengertian, Ciri-ciri, Karakteristik, Bentuk, dan Contohnya Lengkap
JAKARTA, iNews.id - Pasar oligopoli menjadi salah satu materi yang dipelajari dalam pelajaran ekonomi. Agar tahu lebih jelas, pelajari materi pasar oligopoli lengkap di sini.
Pasar oligopoli adalah pasar yang terdiri atas sedikit perusahaan atau produsen. Oleh karena itu, dalam pasar oligopoli hanya terdapat beberapa pesaing saja. Dengan demikian, apabila produsen yang oligopoli ingin mendapatkan keuntungan atau profit maksimum, maka dapat dilakukan dengan jalan kerja sama dengan produsen lain untuk menurunkan supply sehingga harga jual mengalami peningkatan.
Sederhananya, pasar ini memiliki beberapa produsen yang memproduksi output sejenis dan masing-masing penjual memiliki kekuatan untuk menentukan harga outputnya. Pasar oligopoli ini berbeda dengan pasar persaingan sempurna, namun kondisi pasar oligopoli ini dapat dikatakan mendekati kondisi jenis pasar monopoli.
Ciri-ciri pasar oligopoli di antaranya adalah sebagai berikut:
Adapun lima karakteristik bentuk pasar oligopoli yang di antaranya adalah sebagai berikut.
Bentuk pasar oligopoli dapat dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu sebagai berikut.
Pasar oligopoli ketat, artinya terdapat penggabungan empat perusahaan terkemuka yang memiliki pangsa pasar 60-100 persen. Kesepakatan di antara mereka dalam menetapkan harga relatif lebih mudah. Misalnya seperti, semen, siaran TV, dan perbankan lokal.
Pasar oligopoli longgar, artinya di mana terdapat penggabungan empat perusahaan terkemuka yang memiliki 40 persen atau kurang dari pangsa pasar. Kesepakatan di antara mereka dalam menetapkan harga sebenarnya tidak mungkin. Misalnya seperti, kayu, perangkat keras, dan perkakas rumah.
Di Indonesia, pasar ban mobil merupakan contoh pasar oligopoli, karena pasar ban mobil di Indonesia dikuasai oleh beberapa perusahaan saja. Selain itu, contoh pasar oligopoli lainnya adalah industri semen, perusahaan semen, baja, aluminium dan produk lain yang hampir semuanya distandarisasi.
Adapun contoh oligopoli yang terdiferensiasi adalah industri-industri yang memproduksi mobil, rokok, komputer pribadi (PC), dan sebagian besar peralatan elektronik yang pasarnya didominasi sekitar empat perusahaan besar.
Itulah penjelasan tentang pasar oligopoli yang dapat kamu jadikan sebagai referensi pembelajaran. Selamat belajar!
Editor: Puti Aini Yasmin