Pasien Virus Korona Tidak Ditanggung BPJS, Kemenkes Siapkan Anggaran Khusus

Felldy Utama ยท Rabu, 29 Januari 2020 - 05:30 WIB
Pasien Virus Korona Tidak Ditanggung BPJS, Kemenkes Siapkan Anggaran Khusus

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto. (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiapkan anggaran khusus yang akan digunakan dalam menangani virus korona jika wabah tersebut sampai merebak ke wilayah Indonesia. Virus korona saat ini telah ramai menjadi sorotan masyarakat global sejak pertama kali muncul di Kota Wuhan, China.

“Jadi begini, untuk korona ada sendiri anggaran dari Kementerian Kesehatan, dan enggak usah khawatir. Makanya semua yang kita rawat itu mereka tenang,” kata Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (28/1/2020).

Kendati demikian, soal anggaran tersebut, Terawan tak bisa menjelaskan secara perinci berapa besaran yang disiapkan untuk menangani kejadian penularan virus korona jika masuk ke Indonesia. Hanya, dia memastikan anggaran itu nanti diambil dari Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA).

“Nanti kita lihat. Aku enggak hafal lah. (Sumbernya) dari DIPA. Jadi begini, saya sebagai menteri kesehatan sudah memperkirakan kalau akan ada hal-hal yang akan terjadi, maka ada anggarannya. Dan, loh kok terjadi? Yo tenang saja karena kita sudah planning-kan (rencanakan) dengan baik,” ujar dia.

Terawan sebelumnya telah mengimbau masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat serta mengonsumsi makanan bergizi seimbang. “Virus lawannya hanya imunitas, kalau imunitas tubuh kita baik, enggak usah takut sama virus,” ujarnya kemarin.

Editor : Ahmad Islamy Jamil