Paspampres Pastikan Daerah Pertemuan Presiden Jokowi dengan Zelensky di Ukraina Aman

Raka Dwi Novianto ยท Kamis, 23 Juni 2022 - 18:43:00 WIB
Paspampres Pastikan Daerah Pertemuan Presiden Jokowi dengan Zelensky di Ukraina Aman
Presiden Joko Widodo akan berkunjung ke Ukraina (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA, iNews.id - Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Mayjen Tri Budi Utomo memastikan jarak daerah perang Rusia-Ukraina dengan lokasi kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) aman. Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

"Sementara aman," ujar Tri, Kamis (23/6/2022).

Daerah pertemuan berjarak sekitar 350 kilometer dari titik perang Rusia-Ukraina.

"Kurang lebih jaraknya sekitar paling dekat yang ledakan (Donetsk) itu adalah 380 kilometer dari Kyiv. Itu yang sudah kita antisipasi. Sementara mereka (Rusia) masih melakukan serangan ya memang di seputaran Donetsk itu saja," katanya.

Paspampres telah menyiapkan 39 personil yang akan mendampingi Presiden Jokowi.

"Kalau kita sendiri yang melekat ke beliau ada 19 ditambah yang matannya sendiri 10 di sana, berarti 29 ditambah dengan 10 orang uang sudah standby di sana," ujar Tri Budi.

Tri Budi pun menjelaskan persiapan timnya dalam mengawal Presiden Jokowi. Di antaranya beberapa minggu lalu pihaknya sudah mulai latihan hingga hari ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tak terduga.

"Contohnya penyelamatan dari kereta api, penyelamatan di stasiunnya sendiri, di jalan seperti apa, meng -escape beliau itu kita sudah latihan, itu dari teknisnya," kata Tri Budi.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda