Pemerintah Akan Bangun Smart Village untuk Warga Terdampak Erupsi Semeru

Binti Mufarida ยท Kamis, 16 Desember 2021 - 18:49:00 WIB
Pemerintah Akan Bangun Smart Village untuk Warga Terdampak Erupsi Semeru
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Foto Biro Setwapres).

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memastikan warga terdampak erupsi Gunung Semeru akan segera direlokasi. Salah satunya yakni dengan segera dibangun relokasi masyarakat terdampak berkonsep smart village untuk masyarakat terdampak.

“Akan dibangun smart village, ini menjadi bagian yang perlu dikembangkan dan memiliki prospek untuk kehidupan masyarakat ke depan,” ungkap Wapres disela kunjungan kerja ke Surabaya, Kamis (16/12/2021).

Wapres menjelaskan smart village ini untuk para masyarakat terdampak ini bukan hanya sekedar hunian, namun juga akan dibangun ekosistemnya. “Hunian ini dibangun sementara, tetapi kemudian akan dibangun tetap dan akan dibangun ekosistemnya, yaitu hutan sosial dan lahan komersial baik peternakan ayam, sapi perah, susu dan sebagainya untuk menggunakan di lahan tersebut. Peluang itu memang dimungkinkan (untuk direalisasi),” katanya.

Wapres juga menegaskan bahwa penentuan lokasi untuk relokasi masyarakat terdampak juga sudah diputuskan. Bahkan sudah ada surat keputusannya sehingga bisa segera dilaksanakan oleh PUPR.

Pemerintah memberikan penjelaskan bahwa penentuan lokasi sudah selesai dan surat keputusannya juga sudah ditetapkan, kemudian rencana pembangunan juga akan segera dilaksanakan oleh PUPR termasuk jalan, jembatan, dan semuanya sehingga hari ini memang penting (untuk meninjau langsung ke lokasi),” kata Wapres.

Meski begitu, Wapres mengingatkan agar penataan lahan untuk relokasi berbasiskan smart village ini aman dari lahar dingin. “Namun, perlu diingat untuk penataan agar memastikan lahan tersebut aman, karena Semeru sering mengeluarkan lahar dingin dan panas sehingga diperlukan prospek yang baik dan aman untuk ditinggali,” katanya. 

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda