Pemerintah Siapkan 227 RS untuk Pasien Korona, 109 Milik TNI

Felldy Utama ยท Rabu, 18 Maret 2020 - 04:00 WIB
Pemerintah Siapkan 227 RS untuk Pasien Korona, 109 Milik TNI

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona Achmad Yurianto. (Foto: Setkab).

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah menyiapkan 227 rumah sakit untuk perawatan pasien virus korona atau Covid-19. Langkah ini dilakukan mengingat terus meningkatnya jumlah pasien positif.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona Achmad Yurianto mengatakan, penyiapan 227 RS tersebut merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo. Nantinya para pasien dapat dirawat di rumah sakit-rumah sakit tersebut.

“Sesuai dengan arahan yang disampaikan oleh Presiden bahwa 109 RS milik TNI, 53 RS Polri, dan 65 RS BUMN sudah siap untuk melaksanakan perawatan penderita Covid-19,” kata Yuri dalam konferensi pers di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (17/3).

Dia menjelaskan, salah satu rumah sakit yang berpartisipasi yakni RS Pertamina yang mendedikasikan seluruh ruangannya untuk pasien kasus Covid-19.

Yuri menuturkan, hingga Selasa (17/3/2020) tercatat jumlah pasien positif korona mencapai 172 orang. Jumlah ini meningkat 38 kasus dari sebelumnya 134 pada Minggu (15/3/2020). Dari jumlah tersebut, terbanyak di DKI.

”Kita maklumi bahwa pintu gerbang masuk (orang dari berbagai daerah) ke DKI cukup besar. Mobilitas penduduk juga sangat tinggi dan kemungkinan terjadinya kontak dari kasus-kasus positif yang kita dapatkan juga cukup besar,” ujar dia.

Yuri menjelaskan, penambahan kasus pasien positif korona di Jakarta merupakan hasil dari tracing kontak pasien positif. Tracing kontak tersebut dilakukan oleh jajaran Dinkes DKI yang dibantu oleh unsur kepolisian. Kendati demikian, tidak semua pasien dirawat di rumah sakit.

Editor : Zen Teguh