Penguatan Pelayanan Publik Jadi Prestasi Ganjar Pranowo selama 10 Tahun Pimpin Jateng
JAKARTA, iNews.id - Pakar komunikasi dan administrasi publik, Agung Firman Sampurna menilai penguatan pelayanan publik menjadi capaian atau prestasi Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah selama 10 tahun. Hal itu disampaikan Firman saat membedah buku berjudul "Hitam Putih Ganjar, Jejak Kepemimpinan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah".
Ketua BPK 2019-2022 itu membedah buku tersebut dengan kata kunci tertentu. Hasilnya, terdapat 301 kata "masyarakat" yang dikutip buku tersebut.
Selain itu, ada 106 kata "pelayanan" dan 53 kata "pelayanan publik" yang dikutip dalam buku dengan 15 bab tersebut.
Firman mengatakan insight pertama dalam buku ini yakni pelayanan publik. Menurutnya, hal itu selaras dengan tujuan utama pembentukan pemerintah daerah yakni sebagai instrumen pelayanan publik.
"Dengan cermati isi buku tersebut bahwa peningkatan pelayanan publik, itu menjadi insight pertama dari buku ini," kata Firman dalam acara bedah buku tersebut di Jakarta Pusat, Kamis (14/9/2023).
Penguatan pelayanan publik Ganjar dilihat dari kinerjanya membangun Mal Pelayanan Publik (MPP).
"Data per Februari 2023, Jateng miliki 28 MPP, ini merupakan jumlah terbanyak dibanding daerah lainnya. Total MPP Indonesia per Februari 2023, itu 110, 65 di Pulau Jawa, 15 Sumatera, 13 Kalimantan, 13 Sulawesi dan 3 Bali dan 1 NTT," kata Firman.
Upaya penguatan peningkatan publik ini dilakukan dengan dukungan peningkatan kapasitas kelembagaan. Hal itu terlihat dari sejumlah data survei terkait pelayanan publik.
Pertama, terkait Indeks Reformasi Birokrasi Pemprov Jateng per 2022 mencapai sekitar 80 persen. Seiring dengan itu, integritas Pemerintah Provinsi Jateng juga terbilang tinggi. Dari data yang dimiliki Pemprov Jateng per 2022, Survei Penilaian Integritas Pemprov Jateng sebesar 78,17 persen.
Tingkat kepuasan masyarakat juga terbilang tinggi. Dari data Pemprov Jateng per 2022, Indeks Kepuasan Masyarakat sebesar 83,50 persen.
Editor: Reza Fajri