Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Pidato di Bloomberg New Economy, Jokowi Prediksi Revolusi Robot Humanoid 5-15 Tahun ke Depan
Advertisement . Scroll to see content

Perdagangan Internasional: Pengertian, Ciri-ciri, Faktor Pendorong dan Dampaknya

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 10:35:00 WIB
Perdagangan Internasional: Pengertian, Ciri-ciri, Faktor Pendorong dan Dampaknya
Perdagangan Internasional (Freepik)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Perdagangan internasional merupakan bagian terpending dalam perekonomian suatu negara. Berikut pengertian, ciri-ciri hingga faktor pendorongnya.

Secara umum, perdagangan adalah kegiatan pertukaran barang dan jasa atau uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat. Kegiatan ini didasarkan kehendak sukarela dari masing-masing pihak.

Apa yang Dimaksud dengan Perdagangan Internasional?

Perdagangan internasional adalah transaksi bisnis antara pihak-pihak lebih dari satu negara. Keuntungan yang ingin dicapai tidak saja berupa keuntungan finansial, melainkan keuntungan promosi, persaingan usaha dan masih banyak keuntungan lainnya.

Dikutip dari buku “Perdagangan Internasional Konsep dan Aplikasi” terbitan PT Bumi Aksara, pemerintah di banyak negara sangat berkepentingan terhadap perdagangan internasional, karena secara signifikan dapat mempengaruhi sistem perekonomian. 

Ciri-ciri Perdagangan Internasional

  • a.Para pihak yang melakukan perdagangan tidak saling bertemu bahkan tidak mengenal satu sama lain.
  • b.Para pihak dihubungkan atau dikenalkan melalui media promosi atau perwakilan dagang dari masing-masing negara.
  • c.Harga barang atau komoditas ditentukan dari standar harga yang telah ditetapkan oleh kesepakatan internasional, atau dapat juga berdasarkan tawar-menawar (bargaining position) masing-masing pihak.
  • d.Tujuan perdagangan dominan komersial atau mungkin terjadi hubungan antara pedagang dan konsumen, tetapi komoditas digunakan untuk kepentingan produksi.
  • e.Di Indonesia, pelaku usaha harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dan memiliki izin-izin tertentu.
  • f.Keikutsertaan negara sangat besar, baik yang berkaitan dengan pungutan negara maupun perlindungan terhadap pelaku usaha.
  • g.Mata uang yang digunakan adalah mata uang kuat seperti dolar Amerika Serikat (USD) dan juga dolar SIngapura (SGD).
  • h.Bahasa yang digunakan merupakan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris.
  • i.Hasil dari perdagangan atau ekspor menjadi sumber devisa bagi setiap negara, dan akan menentukan kemampuan negara yang bersangkutan pada bidang moneter.
  • j.Jika terjadi perselisihan, maka diselesaikan menggunakan rujukan konvensi internasional yang sudah disepakati sebelumnya.
  • k.Pengaturan secara internasional ditetapkan oleh badan atau lembaga perdagangan dunia.

Dari ciri-ciri di atas, dapat disimpulkan bahwa perdagangan internasional merupakan kegiatan usaha yang cukup kompleks karena memerlukan pengetahuan yang memadai, dan sangat banyak diatur (heavy regulation). Oleh karena itu, untuk menangani transaksi ini dibutuhkan seseorang yang paham betul.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

  • 1.Revolusi Informasi dan Transportasi

Revolusi informasi dan transportasi merupakan faktor utama timbulnya hubungan antarnegara dalam perdagangan internasional. Informasi yang pada dasarnya merupakan salah satu sumber yang diperlukan di dalam perdagangan, sedangkan transportasi merupakan penggunaan sarana dalam melakukan pengiriman atau perpindahan komoditas atau barang dari satu negara ke negara lain.

  • 2.Ketergantungan (Interdependence)

Kebutuhan suatu negara terhadap barang konsumsi atau bahan baku untuk industri yang secara absolut tidak tersedia menjadi salah satu faktor pendorong. Sebab, jika diproduksi sendiri maka harus diimpor dari negara lain. 

Liberasi ekonomi merupakan kebebasan setiap negara dalam melakukan hubungan transaksi dengan negara mana pun, baik dalam bentuk kerja sama atau perdagangan. Hal ini menjadi sebuah peluang bagi setiap negara berinteraksi melalui perdagangan antarnegara.

  • 4.Keunggulan Komparatif (Comparative Advantage)

Keunggulan komparatif merupakan suatu faktor yang berkembang di masa globalisasi saat ini. Jika suatu negara masih tertinggal kemajuan teknologinya, lebih praktis jika memperbolehkan komoditas atau barang yang diperlukan negara tersebut dengan cara membeli atau mengimpor dari negara lain.

  • 5.Kebutuhan Devisa

Hal ini merupakan salah satu faktor penting dalam sistem moneter setiap negara, karena akan menentukan ketahanan finansial suatu negara. Oleh karena itu, hampir semua negara berupaya untuk meningkatkan cadangan devisa dengan cara mendorong dan meningkatkan ekspor sebagai salah satu sumber devisa.

Semua kegiatan dan kemajuan yang menyangkut perdagangan internasional pasti memiliki dampak negatif maupun dampak positif. Dikutip dari buku “Hukum Perdagangan Internasional Dalam Era Globalisasi” karya Venantia Sri Hadiarianti. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif dan positif:

Dampak Negatif Perdagangan Internasional

  • a.Menghambat perkembangan industri domestik.
  • b.Ketergantungan pada negara maju.
  • c.Kebutuhan dalam negeri akan dikendalikan oleh negara-negara maju. Yang mengakibatkan usaha kecil menengah (UKM) dalam negeri lama kelamaan akan mati.
  • d.Tidak seimbangnya perkembangan teknologi akan menimbulkan persaingan yang tidak sehat.

Dampak Positif Perdagangan Internasional

  • a.Memperoleh barang yang tidak dapat dihasilkan negara sendiri.
  • b.Memperluas pasar bagi produk domestik.
  • c.Memperoleh keuntungan dari hasil spesialisasi.
  • d.Menikmati hasil alih teknologi modern.

Itulah penjelasan tentang perdagangan internasional. Semoga bisa dipahami ya penjelasan di atas!

Editor: Puti Aini Yasmin

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut