Perindo Sesalkan Eksekusi Mati Tuti Tursilawati Tanpa Notifikasi ke RI

Okezone ยท Jumat, 02 November 2018 - 14:05 WIB
Perindo Sesalkan Eksekusi Mati Tuti Tursilawati Tanpa Notifikasi ke RI

Perindo menyesalkan eksekusi mati terhadap TKI Tuti Tursilawati oleh pemerintah Arab Saudi. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews. id – Partai Perindo menyesalkan eksekusi mati Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi, Tuti Tursilawati. Terlebih, eksekusi tanpa didahului pemberitahuan pada Pemerintah RI.

“Kejadian itu sangat disayangkan dan tidak seharusnya terjadi,” ujar Ketua DPW Luar Negeri Partai Perindo Muhammad Tohong Hasibuan dihubungi Jumat (2/11/2018).

Dia menilai, Saudi mestinya tidak memutuskan secara sepihak persoalan nyawa manusia. Apalagi Tuti warga dari negara lain.

“Mereka seharusnya memberikan kesempatan kepada RI untuk mengetahui duduk persoalan dan membela rakyatnya di manapun berada,” kata dia.

BACA JUGA: Kunjungi Rumah Tuti, Relawan TKI Jokowi-Ma'ruf: TKI Harus Dilindungi 

Pegiat TKI yang ingin melanjutkan perjuangan di Senayan melalui Dapil DKI II ini berharap hal tersebut bisa menjadi pelajaran bagi Pemerintah Indonesia. Pemerintah semestinya lebih mengetahui kondisi rakyatnya di luar negeri agar tragedy tidak kembali terulang.

Tuti Tursilawati divonis mati pada Juni 2011 dengan tuduhan membunuh ayah majikannya, Suud Malhaq al-Utaibi. TKI asal Majalengka itu baru dieksekusi pada Senin (29/10/2018) lalu di Thaif, Arab Saudi, oleh otoritas setempat. Sayangnya, eksekusi tersebut dilakukan tanpa ada notifikasi kepada perwakilan Pemerintah Indonesia sebelumnya.


Editor : Zen Teguh