Pesan Mendagri Tito untuk Jenderal Idham Azis: Jadi Kapolri Tak Gampang

Aditya Pratama ยท Jumat, 01 November 2019 - 15:58 WIB
Pesan Mendagri Tito untuk Jenderal Idham Azis: Jadi Kapolri Tak Gampang

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memberi selamat kepada Kapolri Jenderal Idham Azis usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/11/2019). (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengucapkan selamat atas dilantiknya Jenderal Pol Idham Azis sebagai kapolri. Sebagai mantan, Tito mengingatkan menjadi kapolri tidak mudah.

Dia menyebutkan, banyak pekerjaan rumah yang menanti mantan kabareskrim Polri itu. Tito mencontohkan, tugas pokok polisi menjaga keamanan dan ketertiban nasional (kamtibmas) selain memberikan pelayanan publik.

"Jadi Kapolri tidak gampang karena internal saja harus mengurusi sekitar 460 ribu orang, eksternal ada 34 Polda, 500 lebih Polres, hampir 5 ribu Polsek yang tersebar di semua wilayah," ujar Tito di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Menurut Tito, sebagai penegak hukum di negara yang multikultural, seperti Indonesia tidaklah mudah. Banyak pekerjaan dan permasalahan ideologis, bahkan politis terutama mendekati Pilkada 2020 yang akan diikuti 270 daerah di Indonesia.

"Kemudian permasalahan kejahatan-kejahatan konvensional, perampokan, begal, kekayaan negara ilegal loging, ilegal fishing, masalah lingkungan, kompleks sekali, saya merasakan tiga tahun tiga bulan (sebagai kapolri), terasa cukup berat," tuturnya.

Sebagai mendagri, Tito akan mendorong kepala daerah membangun sinergi Polisi, TNI, Jaksa dan Perguruan Tinggi serta DPRD sehingga terjaga ketertiban, keamanan dan stabilitas di daerah. Apalagi, di daerah ada forum koordinasi pimpinan di daerah (forkopimda), yang dipimpin kepala daerah.

"Kita harapkan nanti ada kekompakan di tiap-tiap daerah, misalnya Gubernur, Kapolda, Pangdam, Kajati, Perguruan Tinggi, dan lainnya. Kalau kompak sebetulnya Forkompimda itu daerah itu akan aman-aman saja," katanya.


Editor : Djibril Muhammad