Pimpin Rapat Kabinet, Jokowi Minta Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok

Felldy Utama ยท Selasa, 28 April 2020 - 13:52 WIB
Pimpin Rapat Kabinet, Jokowi Minta Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat kabinet terbatas melalui video konferensi, Selasa (28/4/2020) dari Istana Kepresidenan. Rapat membahas mengenai ketersediaan kebutuhan pokok.

Pada kesempatan itu Jokowi meminta agar kebutuhan pokok untuk masyarakat dihitung secara detail dan diambil keputusan dengan cepat. Dia meminta distribusi kebutuhan pokok untuk masyarakat tidak terhambat.

"Pertama saya ingin agar hitungan yang cepat, assessment yang cepat kebutuhan terahadap kebutuhan bahan pokok. Dihtung mana provinsi yang surplus dan mana yang devisit," ujar Jokowi.

Menurutnya, manajemen pengelolaan beras menjadi kunci penting bagi krisis pangan. Ketersediaan stok beras, baik dipenggilingan maupun Bulog harus dipastikan.

Selain itu, kondisi cuaca juga perlu diantisipasi dalam memastikan ketersediaan pangan. Meskipun, kata dia Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) meperkirakan tidak ada cuaca ekstrem di 2020.

"Saya minta Bulog tetap membil gabah petani dengan harga yang layak. Pastikan juga petani tetap produksi dengan protokol kesehatan yang baik," ucapnya.

Berita Lain Bisa Dibaca di Sindonews.com: Jokowi Soroti Puluhan Provinsi Alami Defisit Beras, Gula hingga Bawang Merah

Editor : Kurnia Illahi