Pimpinan MPR, DPR dan DPD Rapat Koordinasi dengan Mahfud soal Keamanan Papua

Felldy Utama ยท Senin, 24 Februari 2020 - 12:04 WIB
Pimpinan MPR, DPR dan DPD Rapat Koordinasi dengan Mahfud soal Keamanan Papua

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Pimpinan MPR, DPR, dan DPD menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD yang digelar di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat. Rakor ini diagendakan untuk membahas persoalan keamanan politik dan sosial di Papua.

"Hari ini kami mengundang para pihak yang terkait penyelesaian Papua yang pertama, kami ingin mendapat laporan terkait keamanan politik dan sosial," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo, di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Menurut Bamsoet, persoalan kemanan sosial dan politik di Papua sudah terjadi sejak 50 tahun yang lalu. Saat itu Papua menetapkan untuk berintegrasi bersama Indonesia. Kendati demikian, Presiden silih berganti tapi persoalan ini terus terjadi di bumi Cendrawasih itu.

"Kami ingin ada jalan keluar secara permanen untuk Papua yang berkeadilan," ujar mantan ketua DPR ini.

Di samping itu, kata dia, Rakor ini digelar dalam rangka persiapan sebelum pimpinan MPR, DPR dan DPD melakukan peninjauan langsung ke Papua pada 2-5 Maret 2020. Kunjungan itu untuk melihat persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.

Berdasarkan pantauan iNews.id, Rakor tersebut digelar secara tertutup di Ruang GBHN, Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta.

Editor : Djibril Muhammad