PKS Sebut Koalisi Semut Merah dengan PKB Belum Pasti: Semua Masih Bisa Terjadi

Kiswondari · Rabu, 15 Juni 2022 - 06:14:00 WIB
PKS Sebut Koalisi Semut Merah dengan PKB Belum Pasti: Semua Masih Bisa Terjadi
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKS, Aboe Bakar Alhabsy mengakui proses pembentukan Koalisi Semut Merah dengan PKB masih belum pasti. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKS, Aboe Bakar Alhabsy mengakui proses pembentukan Koalisi Semut Merah dengan PKB masih belum pasti. Dia mengibaratkan koalisi sebagai ajang mencari jodoh yang masih berproses.

"Artinya semua proses koalisi belum ada yang pasti, semua penjajakan. Hal ini biasa dalam politik, termasuk juga komunikasi kami dengan PKB. Istilahnya sebelum ada janur melengkung, semua masih bisa terjadi," kata Aboe, Rabu (15/6/2022).

Aboe juga mengakui untuk membangun sebuah koalisi tidak mudah, karena chemistry atau rasa keterikatan antarpartai harus bertemu. Syarat presidential threshold pun harus terpenuhi, karena PKB dan PKS saja belum cukup.

"Tak hanya itu, kita juga harus memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential treshold. Sebagai partai menengah ini adalah salah satu tantangan buat kami, karena PKB-PKS saja enggak cukup, harus cari satu partner lagi," ucapnya.

Kemudian, sambung Aboe, ketika nanti koalisi tiga parpol itu sudah terbangun, antara anggota koalisi juga harus membangun chemistry dengan pasangan calon presiden (capre) dan calon wakil presiden (cawapres).

"Tentunya ini masih memerlukan waktu, agar komunikasi dan penjajakan dapat dilakukan lebih baik lagi," tutur Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR ini.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda