Polemik RUU HIP, Sejumlah Ormas Islam Bersama Mahfud MD Bertemu Ma'ruf Amin

Antara ยท Selasa, 16 Juni 2020 - 23:07:00 WIB
Polemik RUU HIP, Sejumlah Ormas Islam Bersama Mahfud MD Bertemu Ma'ruf Amin
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima Menko Polhukam Mahfud MD dan perwakilan pimpinan MUI, PBNU serta PP Muhammadiyah di Rumah Dinas Wapres Jakarta, Selasa (16/6/2020) malam. (Foto: Antara/Asdep Komunikasi dan Informasi Publik Setwapres).

JAKARTA, iNews.id - Menko Polhukam Mahfud MD dan sejumlah ormas Islam mendatangi rumah dinas Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Selasa (16/6/2020) malam. Pertemuan dengan Ma'ruf Amin untuk membahas penolakan Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Sejumlah perwakilan ormas Islam yang hadir, yaitu Buya Basri Bermanda dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Helmi Faishal dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Abdul Mu'ti dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Pertemuan dimulai pukul 19.00 WIB.

"Malam ini, saya bersama Pak Mahfud bertemu dengan pimpinan MUI, NU dan Muhammadiyah untuk menyampaikan sikap Pemerintah tentang RUU HIP," ujar Ma'ruf Amin yang disampaikan melalui video konferensi, Selasa (16/6/2020).

Dia menuturkan, pemerintah meminta kepada DPR untuk menunda pembahasan RUU yang menuai kontroversi publik itu. Menurutnya, keputusan tersebut didasarkan pada kondisi negara yang sedang dilanda wabah virus corona (Covid-19) serta pertimbangan saran dari perwakilan ormas Islam.

"Karena memang Pemerintah ingin fokus kepada penanganan Covid-19 dan dampaknya, baik itu masalah sosial maupun ekonomi, dalam upaya memulihkan ekonomi nasional," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi