Polri: Belum Ada Laporan dari KPU soal Peretasan Data DPT Pemilu 2014

Okezone, Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 26 Mei 2020 - 18:02 WIB
Polri: Belum Ada Laporan dari KPU soal Peretasan Data DPT Pemilu 2014

Kepala Bagaian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memastikan data perangkat lunak (soft file) daftar pemililh tetap (DPT) Pemilu 2014 aman alias tidak mengalami peretasan. Kepastian itu didapat usai KPU berkoordinasi dengan Polri dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Kepala Bagaian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan memastikan sampai dengan saat ini belum menerima informasi apapun, soal adanya peretasan data pemilih KPU pada akun twitter @underthebreach.

"Bahwa hingga saat ini tidak ada laporan dari pihak KPU ke Bareskrim Polri, tentang dugaan kebocoran data milik KPU tersebut," katanya di Gedung NTMC Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Selasa (26/5/2020).

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi mengungkapkan, pihaknya berencana akan melaporkan akun twitter @underthebreach usai membocorkan data pemilih dalam unggahannya. KPU juga telah menelusuri akun yang menglaim memiliki data 200 juta pemilih di Indonesia.

"KPU tetap memproses upaya penyalahgunaan data pemilih tersebut secara hukum, meskipun data tersebut tidak didapatkan langsung dari KPU," ujarnya saat dikonfirmasi.

KPU, menurut Pramono, saat ini telah berkoordinasi dengan Cyber Crime Mabes Polri, BSSN dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk mengetahui secara pasti bagaimana data pemilih Pemilu 2014 tersebut diperoleh, dan bagaimana mencegah penyalahgunaan data tersebut.

Dia memastikan, tidak terjadi kebocoran atau peretasan terhadap data DPT Pemilu 2014 yang berada dalam penguasaan KPU. Saat ini, kondisi data DPT Pemilu 2014 di KPU RI dalam keadaan baik dan aman.

Editor : Djibril Muhammad