Polri: Kemampuan Beladiri Anggota Jamaah Islamiyah Muda Diakui Teroris Suriah

Puteranegara Batubara · Senin, 04 Januari 2021 - 19:59:00 WIB
Polri: Kemampuan Beladiri Anggota Jamaah Islamiyah Muda Diakui Teroris Suriah
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Prabowo Argo Yuwono. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Polisi menangkap salah satu pimpinan Jamaah Islamiyah (JI). Dari penangkapan itu, terungkap anggota JI muda dari Indonesia diakui oleh organisasi teroris di Suriah. 

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyebut hal itu berdasarkan pemeriksaan terhadap salah satu pimpinan JI tertua atau Amir, Para Wijayanto. Dia merupakan salah satu pimpinan  yang tertangkap pada 29 Juni 2019 silam.

"Menurut keterangan daripada Amir Para Jayanto ini bahwa kemampuan beladiri anggota JI muda yang dikirim ke Suriah itu diakui oleh organisasi teroris di Suriah. Diakui dia itu sudah benar-benar mempersiapkan. Mirip dengan atlet yang dilatih," kata Argo dalam jumpa pers di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (4/1/2021).

Menurut Argo, sejumlah anggota JI muda yang berasal dari Indonesia dikabarkan juga menjadi pelatih di Suriah. Mereka diketahui melatih kader-kader organisasi teroris dari negara lain.

"Tentunya bahwa di sana anggota JI muda yang sudah dilatih bela diri di sana menjadi pelatih juga. Dia juga melatih negara-negara lain yang berlatih di sana, seperti ada fraksi jihad ISIS, Jabhah Nushrah, Free Syria Army, akhor masyarakat asli syuriah, dan tahlir ahsam," ujar Argo.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2