Prabowo Sebut China Tawarkan Lagi Bantuan Penanganan Corona

Antara ยท Senin, 23 Maret 2020 - 14:12 WIB
Prabowo Sebut China Tawarkan Lagi Bantuan Penanganan Corona

Menhan Prabowo Subianto dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat menerima pesawat Hercules pembawa bantuan alkes dari Shanghai China di Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (23/3/2020). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - China disebut menawarkan lagi bantuan untuk Indonesia terkait penanganan virus corona. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan telah berkomunikasi dengan Menhan China terkait hal tersebut.

Prabowo menyebut tawaran bantuan dari China itu merupakan wujud kerja sama internasional. Ketua Umum Partai Gerindra itu menyambut baik tawaran bantuan dari China yang sudah berpengalaman menghadapi gelombang penyebaran virus corona.

"Saya sudah komunikasi langsung dengan Menhan China dan dia menanyakan kebutuhan kita apa saja. Saya sudah kirim daftar, kita tunggu nanti dipenuhi atau tidak," kata Prabowo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (23/3/2020).

Dia menyebut sejumlah alat kesehatan yang masih dibutuhkan Indonesia antara lain ventilator atau alat bantu pernapasan, rapid test kit, alat tes lengkap, dan alat perlindungan diri.

Prabowo hadir bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menkes Terawan Agus Putranto, dan Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko di Lanud Halim Perdanakusuma untuk menerima langsung bantuan alat kesehatan dari Shanghai, China sebanyak 12 ton. Bantuan itu dijemput langsung menggunakan Pesawat TNI AU C-130 Hercules.

Alat kesehatan yang didatangkan antara lain berupa alat perlindungan diri seperti kaca mata, tutup kepala, dan tutup sepatu. Prabowo memastikan alat kesehatan itu akan segera didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit rujukan penanganan virus corona.

"Ini akan segera didistribusikan ke rumah sakit, ini akan dilakukan terus," ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama