Prabowo Tolak Hasil Pilpres, Jokowi Ingatkan Semua Pihak Taat Konstitusi

Abdul Rochim ยท Rabu, 15 Mei 2019 - 22:45 WIB
Prabowo Tolak Hasil Pilpres, Jokowi Ingatkan Semua Pihak Taat Konstitusi

Presiden Jokowi menghadiri acara buka puasa bersama di kediaman Ketua DPD Oesman Sapta Odang (kiri) di Jakarta, Rabu (15/5/2019). (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay).

JAKARTA, iNews.id, - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pihak untuk menaati mekanisme yang diatur dalam konstitusi dalam menyikapi hasil Pemilu Serentak 2019 yang akan diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei 2019. Jika ada pihak menemukan indikasi kecurangan, dapat melapor ke Bawaslu.

Pernyataan ini disampaikan Jokowi menyikapi pernyataan calon presiden (capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto yang menolak hasil pemilu dan menuduh adanya kecurangan yang masif dan terstruktur pada Pemilu 2019.

"Ya itu kita serahkan semuanya ke KPU karena yang punya kewenangan adalah KPU, serahkan ke KPU," ujar Jokowi di sela acara buka puasa bersama di kediaman Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang (OSO), Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Jokowi mengatakan, semua hal mengenai pemilu, termasuk jika ada pihak-pihak yang tidak puas atas hasil pemilu, sudah diatur dalam mekanisme hukum. Mengenai temuan dugaan kecurangan pemilu, sesuai hukum harus dilaporkan ke Bawaslu.

BACA JUGA: Prabowo: Kami Menolak Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019

Untuk kasus yang lebih besar, misalnya sengketa hasil pemilu maka menjadi kewenangan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Mekanisme itu semua telah diatur. Lho di negara kita ini aturan mainnya sudah jelas. Undang-undangnya jelas, aturan hukumnya jelas, ya diikuti," ujar capres 01 ini.

Mengenai mekanisme pengamanan saat KPU mengumumkan hasil pemilu pada 22 Mei nanti, Jokowi mengatakan bahwa hal itu akan diumumkan segera sekitar dua hari ke depan.

BACA JUGA: TKN Anggap Prabowo Tidak Hormati Pilihan Rakyat

Prabowo menegaskan dirinya menolak hasil penghitungan suara Pilpres 2019 yang dinilainya penuh kecurangan. Dia pun mendesak KPU untuk bersikap jujur terhadap pelaksanaan pemilu.

Pernyataan Prabowo diungkapkan saat memberikan pidato di acara konferensi pers bertajuk "Mengungkap Fakta-Fakta Kecurangan Pilpres 2019" yang digelar Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

"Tapi yang jelas sikap saya adalah saya akan menolak hasil penghitungan yang curang. Kami tidak bisa menerima ketidakadilan, ketidakjujuran," kata Prabowo di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).


Editor : Zen Teguh