Presiden Jokowi Bertolak ke Jerman Hadiri KTT G7

Binti Mufarida ยท Minggu, 26 Juni 2022 - 10:25:00 WIB
Presiden Jokowi Bertolak ke Jerman Hadiri KTT G7
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Munich, Jerman pada hari ini. (Foto ist).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Munich, Jerman pagi ini Minggu (26/6/2022). Jokowi dijadwalkan akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 atau G7 Summit di Schloss Elmau, Jerman.

“Pagi hari ini, saya dan rombongan terbatas akan berangkat untuk berkunjung ke beberapa negara. Yang pertama akan ke Jerman untuk menghadiri KTT G7,” kata Jokowi saat memberikan keterangan persnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/6/2022). 

Jokowi mengatakan dalam hal ini Indonesia diundang sebagai Ketua Presidensi G20. Selain Indonesia, Jerman juga turut mengundang negara mitra lainnya yaitu Argentina, India, Senegal, dan Afrika Selatan.

“Di mana kita di sini adalah sebagai partner country dari G7 dan juga diundang untuk menghadiri G7 ini sebagai Ketua Presidensi G20,” katanya.  

Jokowi mengatakan dalam pertemuan itu akan mendorong negara-negara G7 untuk mengupayakan perdamaian dunia salah satunya konflik Ukraina dan Rusia. 

“Di sini kita akan mendorong, mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina dan juga secepat-cepatnya mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi yang sedang melanda dunia. Memang upaya ini tidak mudah tapi kita Indonesia akan terus berupaya,” papar Jokowi.

Selanjutnya, Presiden Jokowi diagendakan akan bertolak ke Ukraina dan Rusia. Di tengah konflik kedua negara itu, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan dengan kedua pemimpin negara itu yakni Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin. 

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda