Pria Ancam Penggal Jokowi Ditangkap di Parung Bogor

Ilma De Sabrini ยท Minggu, 12 Mei 2019 - 12:45 WIB
Pria Ancam Penggal Jokowi Ditangkap di Parung Bogor

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengonfirmasi penangkapan atas pria yang mengancam penggal kepala Presiden Jokowi, Minggu (12/5/2019). (Foto: Antara/dok).

JAKARTA, iNews.id, – Aparat Polda Metro Jaya menangkap pria yang mengancam akan memenggal kepala Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia ditangkap di Parung, Bogor, Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, penangkapan dilakukan oleh tim Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

"Telah dilakukan penangkapan terhadap pelaku tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara dan tindak pidana di bidang ITE dengan modus pengancaman pembunuhan terhadap Presiden RI yang sedang viral di media sosial sekarang ini," kata Argo saat dihubungi iNews.id, Minggu (12/5/2019).

Dia menjelaskan bahwa pria terduga pelaku berinisial HS (sebelumnya sempat beredar kabar pria itu sebagai Dheva Suprayoga). Terduga pelaku berusia 25 tahun, kelahiran Jakarta, dan merupakan warga Palmerah, Jakarta Barat.

BACA JUGA: Polisi Kantongi Identitas Pria Pengancam Jokowi

Argo menuturkan, HS ditangkap di Perumahan Metro, Parung, Kabupaten Bogor, pada hari Minggu (12/5/2019) pukul 08.00 WIB. Saat ini dia telah ditetapkan sebagai tersangka. "Sedang dilakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan," ujarnya.

Sebelumnya, relawan Jokowi Mania melaporkan HS kepada pihak kepolisian atas tindakannya di dalam video yang viral di media sosial. Dari video viral itu diduga HS mengucapkan kata-kata, “Dari Poso nich, siap penggal kepala Jokowi, Jokowi siap lehernya kita penggal kepalanya. Demi Allah”.

Menurut Argo, HS disangkakan melanggar Pasal 104 KUHP, Pasal 27 ayat 4 junto pasal 45 ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 perubahan atas UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).


Editor : Zen Teguh