Profil Listyo Sigit, Mantan Ajudan Jokowi dan Pernah Duduki Sejumlah Jabatan Penting Polri

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 06 Desember 2019 - 14:27 WIB
Profil Listyo Sigit, Mantan Ajudan Jokowi dan Pernah Duduki Sejumlah Jabatan Penting Polri

Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat masih menjabat Kapolda Banten. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo dimutasi dari Kepala Divisi Profesi Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim). Mutasi tersebut mengacu Surat Telegram Kapolri tertanggal 6 Desember 2019.

Dihimpun dari berbagai sumber, pria kelahiran 5 Mei 1969 itu merupakan lulusan Akdemi Kepolisian (Akpol) 1991. Lulus dari Akpol kariernya di Korps Bhayangkara ini terbilang cemerlang diawali sebagai Kabag Dalpers Ropers Polda Metro Jaya lanjut menjadi Kapolres Pati, Jawa Tengah pada 2009.

Selain itu dia juga pernah menjadi Kapolres Sukoharjo pada 2010 dan Wakapoltabes Semarang. Setahun kemudian dia diangkat menjadi Kapolresta Surakarta pada 2011.

Sejumlah jabatan tinggi juga pernah diembannya, mulai dari Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri pada 2012, Direskrimum Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 2013 hingga dipercaya menjadi ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2014.

Usai menjadi ajudan Jokowi, dia diangkat sebagai Kapolda Banten pada 2016 dan menjadi Kadiv Propam Polri 2018 hingga saat ini menjadi Kabareskrim.


Editor : Kurnia Illahi