Properti Tari Kipas Pakarena, Gerakan dan Maknanya Lengkap

puti aini yasmin ยท Sabtu, 15 Januari 2022 - 14:00:00 WIB
Properti Tari Kipas Pakarena, Gerakan dan Maknanya Lengkap
tari kipas (foto:kemlu)

JAKARTA, iNews.id - Tari kipas berasal dari Sulawesi Selatan. Nama lain tarian ini adalah tari kipas pakarena. Untuk menggelar kesenian ini, apa saja properti tari kipas pakarena? Simak di sini.

Apa Saja Properti Tari Kipas dan Fungsinya?

Melansir buku ‘Kreatif Tematik Makanan Sehat’ terbitan Penerbit Duta, properti tari kipas adalah sebuah kipas. Fungsi properti tersebut untuk digunakan penari melakukan gerakan.

Gerakan Pola Lantai Tari Kipas

Tari kipas memiliki beberapa pola lantai. Pada awalnya, tarian ini menggunakan pola lantai garis lengkung dengan bentuk melengkung ke depan, ke samping, ke belakang dan membentuk lingkaran.

Kemudian, di pertengahan penari akan membentuk barisan lurus yang mencerminkan pola lantai garis lurus. Sehingga, ada tuga gerakan yang dibentuk, yakni garis lengkung, lingkaran, dan lurus.

Makna Tari Kipas

Tarian ini pada dasarnya menggunakan satu tangan untuk memainkan kipas. Penarinya adalah sekelompok wanita yang mencerminkan kelembutan, kesantunan, dan kasih sayang.

Walaupun begitu, irama musik dari tari kipas memiliki tempo yang cepat. Di tengah tarian terdapat gerakan memutar yang melambangkan hidup yang bergerak seperti roda berputar.

Selamat belajar properti tari kipas dan fungsinya ya!

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel: