Pulau Baru Muncul di NTT Usai Badai Seroja, BMKG: Fenomena Littoral Drift

Binti Mufarida · Selasa, 20 April 2021 - 09:53:00 WIB
Pulau Baru Muncul di NTT Usai Badai Seroja, BMKG: Fenomena Littoral Drift
Ilustrasi Pulau Baru. (Foto ist).

JAKARTA, iNews.id - Pulau baru muncul di Kecamatan Loaholu, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), setelah badai siklon tropis Seroja pada 5 April 2021 lalu. Kemunculan ini diduga fenomena littoral drift atau longshore drift.

“Fenomena yang terjadi di perairan Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), yaitu munculnya semacam pulau kecil pasca terjadi badai tropis Seroja, menurut pribadi saya diduga kuat adalah fenomena littoral drift atau longshore drift,” kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono, Selasa (20/4/2021).

Daryono menjelaskan fenomena ini terjadi akibat adanya arus laut di sepanjang pantai yang dapat mengangkut material sedimen-sedimen dangkal dari pasir atau material lainnya.

“Adanya aliran dangkal yang membentuk hanyutan bahan rombakan ini memungkinkan terjadinya pengendapan material yang kemudian mengumpul dan terkonsentrasi di satu lokasi hingga membentuk semacam “pulau” yang memanjang,” paparnya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2