Putra Tidore Brigjen TNI Rafael Granada Baay Jabat Aster Kaskogabwilhan I

iNews.id ยท Kamis, 28 November 2019 - 23:42 WIB
Putra Tidore Brigjen TNI Rafael Granada Baay Jabat Aster Kaskogabwilhan I

Brigjen TNI Rafael Granada Baay (kiri) berjabat tangan dengan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa (kanan). (Foto: Dispenad)

JAKARTA, iNews.id – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, hari ini menerima laporan korps kenaikan pangkat 24 perwira tinggi (pati) TNI AD. Salah satu di antara pati yang mendapat kenaikan pangkat itu adalah putra terbaik dari Tidore, Brigjen TNI Rafael Granada Baay.

Lewat promosi TNI, Rafael kini dipercaya menjabat Asisten Teritorial Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Aster Kaskogabwilhan) I. Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Candra Wijaya menuturkan, Rafael sebelumnya menjabat Komandan Resor Militer (Danrem) 074/Wiratama.

“Brigjen TNI Rafael adalah perwira kelahiran Tidore, Maluku Utara,” ujar Candra dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Rafael Granada Baay tercatat sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) 1993 dengan kecabangan infanteri dan lama berdinas di satuan elite TNI AD yaitu di Kopassus. Rafael juga pernah menjabat sebagai Dangrup-2/Parako pada 2015.

“Setelah sekian lama berdinas di Kopassus, pada 2017 Rafael menjabat Danrindam XIV/Hsn,’’ ucapnya.

Candra menjelaskan, berdasarkan Surat Perintah KSAD Nomor Sprin/4784/XI/2019 Tanggal 20 November 2019, Rafael mendapatkan promosi pangkat menjadi brigadir jenderal dan jabatan sebagai Aster Kaskogabwilhan I.


Editor : Ahmad Islamy Jamil