Repatriasi Tahap II, KBRI Kairo Pulangkan 129 WNI

Rizki Maulana ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 11:55:00 WIB
Repatriasi Tahap II, KBRI Kairo Pulangkan 129 WNI
Ilustrasi pemulangan WNI di luar negeri. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo, Mesir memfasilitasi repatriasi mandiri gelombang kedua Warga Negara Indonesia (WNI) yang sempat tertunda pemulangannya dari negara piramida tersebut. Pemulangan dilangsungkan pada hari ini, Jumat (21/5/2020).

Dalam program repatriasi tersebut, KBRI Kairo bekerja sama dengan pemerintah Mesir dan maskapai penerbangan Air Cairo memulangkan 129 WNI. Mayoritas WNI tersebut merupakan peserta kursus atau pelatihan Bahasa Arab dan Ilmu Agama Islam yang telah menyelesaikan program belajarnya pada awal bulan Mei lalu.

Sebanyak 129 WNI tersebut terdiri dari 108 siswa Sekolah Al-Irsyad, Purwokerto yang telah menyelesaikan program pelatihan Bahasa Arab. Selebihnya merupakan peserta pelatihan dakwah dan WNI yang tengah melakukan kunjungan ke Mesir.

Repatriasi Tahap II tersebut menggunakan skema sewa pesawat Air Cairo dan pesawat itu akan kembali ke Kairo tanpa penumpang. Biaya sewa pesawat pun dibebankan kepada masing-masing peserta repatriasi.

"Pesawat mulai berangkat dari Kairo pada hari ini sekitar pukul 07.30 waktu Mesir. Mereka diperkirakan akan tiba di Jakarta satu hari setelahnya, Sabtu (22/5/2020) pukul 03.00 WIB," tulis KBRI Kairo dalam keterangan resminya.

Seluruh peserta repatriasi tahap II telah diminta untuk melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah ditentukan sebagai syarat untuk kembali ke tanah air. Para peserta diketahui berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Untuk kelancaran perjalanan mereka hingga sampai daerahnya masing-masing KBRI Kairo telah membekali mereka dengan surat keterangan. Sebagai informasi, pada repatriasi tahap satu, KBRI berhsasil memulangkan 75 WNI tanggal 25 April 2020 lalu.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel: