Juara Dunia Hafal Quran

Rifdah Dihadiahi Naik Haji Bersama Kedua Orangtua dan Gurunya

iNews, Den Helmi Sajangbati ยท Senin, 02 April 2018 - 22:38:00 WIB
Rifdah Dihadiahi Naik Haji Bersama Kedua Orangtua dan Gurunya
Rifdah Farnidah, juara dua lomba hafal quran tingkat dunia tahun 2018 di Balai Kota, Jakarta. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Rifdah Farnidah, juara dua lomba hafal quran tingkat dunia tahun 2018 mendapatkan penghargaan dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan ulama serta dermawan dari Arab Saudi Syekh Khalid Al Hamudi.

Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Pol Syafruddin mengundang khusus Firda dan keluarganya ke kantor DMI, Jakarta, Senin (2/4/2018). Hadir juga Syekh Khalid Al Hamudi dalam pertemuan tersebut.

Rifdah Farnidah adalah gadis berusia 22 tahun. Dia meraih juara dua lomba hafal Alquran di Jordania beberapa waktu lalu. Atas prestasinya itu, Rifdah diberi hadiah untuk menunaikan ibadah haji bersama keluarganya tahun ini. Hadiah itu diberikan Syekh Khalid kepada Rifdah bersama kedua orangtuanya, serta ustazah (pembimbing Rifdah) dan suaminya.

"Diharapkan dengan adanya apresiasi serta penghargaan ini, seluruh muslim di Indonesia dapat menjadi generasi yang cinta baca  dan hafal Alquran," kata Syekh Khalid dalam pertemuan tersebut.

Diketahui, Rifdah baru kembali dari Yordania untuk mengikuti Musabaqah Hifzil Quran sedunia dan meraih juara II. Hanya ia juara yang bukan berasal dari negara Timur Tengah. Rifdah adalah seorang hafizah yang mutqin. Tahun lalu ia juara pertama MHQ nasional mewakili DKI Jakarta, lalu kali ketiganya juara pertama MHQ tingkat nasional.

Sebelumnya, Rifdah diundang oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurut Anies, Rifdah telah membawa nama Indonesia cemerlang di panggung dunia. “Semalam (Kamis) Rifdah kami undang ikut hadir dalam acara silaturahim ulama di Balai Kota. Ia datang bersama ibundanya, dan pembimbingnya, Hj Mutmainnah, dosen di Institut Ilmu Al Quran,” tutur Anies lewat akun media sosial baik Instagram maupun fanspage Facebook, Jumat (30/03/2018).

Di tengah acara, Anies mengundang Rifdah maju. Di depan, Rifdah membacakan firman Allah dalam Alquran pada Surat Al-Hasyr ayat 18-24. Setelah Rifdah selesai melantunkan ayat suci Alquran, Syeikh Khalid Al Hamudi, tamu kehormatan acara malam itu, angkat bicara. Syeikh Khalid kagum lalu mengumumkan akan memberangkatkan haji kepada Rifdah.

"Perkenankan saya sampaikan hadiah kepada Rifdah. Kami akan sepenuhnya fasilitasi Rifdah bersama kedua orangtuanya, juga ibu dosen pembimbing Rifdah beserta suaminya, untuk diberangkatkan ibadah haji," kata Syekh Khalid.

Editor : Azhar Azis