Rumah Korban Gempa Banten Akan Direlokasi karena Terletak di Garis Patahan

Riezky Maulana ยท Selasa, 18 Januari 2022 - 16:58:00 WIB
Rumah Korban Gempa Banten Akan Direlokasi karena Terletak di Garis Patahan
Sejumlah rumah rusak akibat gempa Banten pada Jumat (14/1/2022). (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan merelokasi rumah korban dampak gempa Banten karena berada di garis patahan. Tujuannya agar membahayakan keselamatan warga jika terjadi bencana gempa.

"Ada usulan Bupati Pandeglang terutama berkaitan dengan kemungkinan relokasi beberapa kepala keluarga untuk dipindahkan ke tempat lebih aman. Karena pemukimannya terletak di garis patahan," tutur Menteri Koordinarot PMK Muhadjir saat konferensi pers virtual, Selasa (18/1/2022). 

Dia menjelaskan, jika warga dibiarkan tinggal di sekitaran wilayah patahan, maka sangat rentan bila nantinya terjadi bencana gempa bumi megathrust. 

"Sangat rentan terdampak bencana apalagi kalau kemungkinan terjadi megatrusht," jelasnya. 

Rencana relokasi masih dalam tahap pembahasan dengan pihak-pihak terkait. Terutama, sambung dia, pembahasan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). 

"Tentu saja akan melibatkan kementerian terkait terutama karena kita juga membutuhkan lahan untuk relokasi mungkin juga dengan Kementerian LHK maupun Kementerian ATR," ucapnya. 

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel: