Rusia Lacak Kapal Perusak Berpeluru Kendali Milik AS Masuki Laut Hitam

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 26 November 2021 - 08:58:00 WIB
Rusia Lacak Kapal Perusak Berpeluru Kendali Milik AS Masuki Laut Hitam
Kapal perusak AS, USS Arleigh Burke, saat berlabuh di pelabuhan kapal pesiar di Kota Tallinn, Estonia, September lalu. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.idMiliter Rusia melacak kapal perusak berpeluru kendali mililk AS, USS Arleigh Burke, memasuki Laut Hitam untuk berpatroli dengan sekutu NATO. Hal itu diungkapkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia seperti dikutip kantor berita TASS, Kamis (25/11/2021).

Manuver kapal perang AS itu berlangsung di tengah menegangnya situasi di kawasan tersebut akibat konflik antara Rusia dan Ukraina. Baik Rusia maupun Ukraina dan NATO, sama-sama melakukan latihan militer di Laut Hitam dalam beberapa pekan terakhir. 

Ditambah lagi, akhir-akhir ini Rusia mengerahkan puluhan ribu tentara di dekat perbatasan negara itu dengan Ukraina—yang dianggap AS sebagai pergerakan militer yang di luar kewajaran. Kendati demikian, Moskow telah menyangkal kecurigaan Kiev dan Washington DC yang menuding Rusia sedang mempertimbangkan invasi ke Ukraina.

Armada Keenam Amerika Serikat menyatakan, USS Arleigh Burke telah memasuki Laut Hitam dalam kegiatan patroli rutinnya. Pengumuman oleh militer AS itu datang sehari setelah Rusia menyatakan telah melakukan latihan militer di sana yang melibatkan sejumlah pesawat tempur dan kapal perang.

“Saat berada di Laut Hitam, kapal akan beroperasi bersama para sekutu dan mitra NATO di kawasan, bekerja sama untuk memastikan keamanan dan stabilitas di jalur air internasional yang vital ini,” ungkap Armada Keenam AS dalam sebuah pernyataan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: