Ryamizard Ngaku Selama Jadi Menhan Tak Pernah Impor Peralatan Tempur

Irfan Ma'ruf ยท Sabtu, 23 November 2019 - 15:28 WIB
Ryamizard Ngaku Selama Jadi Menhan Tak Pernah Impor Peralatan Tempur

Mantan Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Ryamizard Ryacudu mengaku selama menjabat Menteri Pertahanan (Menhan) tidak pernah membeli peralatan tempur atau alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari negara lain. Menurutnya, Indonesia tidak boleh terus bergantung kepada impor.

Dia yakin, peluang industri pertahanan dalam negeri semakin baik. Bahkan, dia Indonesia diyakini bisa mengekspor produksi peralatan tempur.

"Saya enggak pernah beli alat (dari) luar negeri," ujar Ryamizard di Gedung Lemhanas, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu (23/11/2019).

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini menuturkan potensi pengembangan alat tempur dalam negeri sangat besar. Selain itu, kata dia terpenting kemampuan personel dalam menguasai alat tempur tersebut.

"Industri dalam negeri (peluangnya) banyak. Saya enggak pernah (belanja alutsista dari luar). Yang penting orangnya, the man behind gun. Yang penting hebat-hebat orangnya," tukas Ryamizard.

Sebelumnya dalam rapat terbatas (ratas) soal pengadaan alutsista di Istana Jokowi meminta untuk menghentikan impor peralatan tempur. Jokowi meminta kementerian terkait untuk mempersiapkan dari hulu hingga hilir memajukan industri pertahanan dalam negeri.

Editor : Kurnia Illahi