Saat Pasukan Taifib TNI AL Sholat Jumat di Markas Marinir AS Bikin Hati Bergetar

Riezky Maulana, Faieq Hidayat · Minggu, 29 Agustus 2021 - 17:03:00 WIB
Saat Pasukan Taifib TNI AL Sholat Jumat di Markas Marinir AS Bikin Hati Bergetar
Sebanyak 12 personel Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir yang tergabung tim Reconex 21-I sholat Jumat di area 41 Marine Corps Base Camp Pendleton California Amerika Serikat. (Foto Dispen Marinir).

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 12 personel Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir yang tergabung tim Reconex 21-I sholat Jumat di area 41 Marine Corps Base Camp Pendleton California Amerika Serikat pada Sabtu (28/8/2021). Imam sholat Jumat dipimpin salah satu personel tentara AS. 

Kepala Dinas Penerangan Korps Marinir Kolonel Marinir Gugun Saeful Rachman mengatakan, sholat Jumat tersebut di tengah karantina persiapan latihan bersama Marinir TNI AL dengan Marinir Amerika Serikat. 

"Jadi mereka begitu datang tidak langsung latihan ada karantina juga. Kebetulan ya kan di sana ada yang beragama muslim jadi difasilitasi sholat Jumat," kata Gugun saat dihubungi MNC Portal, Minggu (29/8/2021). 

Tim Reconex 21-I dipimpin Letkol Marinir Mohammad Abdillah yang sehari-hari bertugas sebagai Danyontaifib 1 Marinir. Selain kewajiban selaku umat Muslim hal ini sangat penting dalam menjaga moril dan moralitas prajurit agar tetap taat beribadah meskipun dalam kondisi yang terbatas.

Danyontaifib 1 Mar mengatakan Hal ini juga merupakan wujud toleransi umat beragama di Negara minoritas muslim tersebut terkhusus di kalangan Militer (United State Armed Forces).

Dalam sholat Jumat ini, 1st Lieutnant Dr. Musthapa Kulungu memberikan khutbah Jumat berjudul Islam Rahmatan Lilalamin. 

"Beliau selaku Khatib berpesan bahwa kita sebagai Umat Muslim harus memberi manfaat dimanapun  berada, terutama kita sebagai prajurit tanpa mengenal dari mana negara kita, kita harus memaknai bahwa Islam adalah agama yang menyerukan perdamaian dan menjungjung tinggi kemanusiaan seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW," katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel: