SAHI: Masyarakat Indonesia Nantikan Pemerintah Arab Saudi Buka Ibadah Umrah

Ari Sandita Murti ยท Minggu, 26 September 2021 - 19:55:00 WIB
SAHI: Masyarakat Indonesia Nantikan Pemerintah Arab Saudi Buka Ibadah Umrah
SAHI berharap agar pemerintah Arab Saudi bisa segera membuka kesempatan bagi masyarakat (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Silaturahmi Haji dan Umrah se-Indonesia (SAHI) berharap agar pemerintah Arab Saudi bisa segera membuka kesempatan bagi masyarakat Indonesia melakukan ibadah umrah. Sebabnya, masyarakat Indonesia sudah sangat menantikannya.

"SAHI sangat mengapresiasi atas kebijakan pemerintah Arab Saudi yang mengizinkan kembali untuk membuka kesempatan ibadah umroh untuk masyarakat Indonesia. Saya kira ini sesuatu yang luar biasa, satu kebijakan yang sangat dinanti oleh masyarakat Indonesia," ujar Ketua Umum DPP SAHI, Abdul Khaliq Ahmad di Mampang, Jakarta Selatan, Minggu (26/9/2021).

Menurutnya, pemerintah Indonesia diharapkan terus melobi pemerintah Arab Saudi guna memastikan pembukaan ibadah umrah bisa segera terealisasikan. Dengan begitu, masyarakat Indonesia dipastikan bakal sangat bersyukur lantaran Indonesia telah tertunda dua musim haji ini akibat Covid-19.

Dia menambahkan, soal apakah pemerintah Arab Saudi memiliki persyaratan khusus agar mau membuka kesempatan ibadah umrah bagi masyarakat Indonesia ataukah tidak, khususnya terkait vaksinasi, pemerintah dan masyarakat Indonesia pasti bakal memahami dan menghormati kebijakan tersebut. Hanya saja, bila memang ada persyaratan khusus terkait vaksinasi, tentu harus dicarikan solusi agar kesempatan untuk melakukan ibadah umrah bisa dibuka seluas-luasnya.

"Kebijakan Arab Saudi tentu kita akan ikuti (agar jemaah Indonesia bisa melakukan umrah), karena itu bagian dari penghormatan kita terhadap otoritas Arab Saudi," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel: