Satgas Covid Antisipasi Ancaman Gelombang Ketiga dari Dalam Negeri

Dita Angga ยท Rabu, 22 September 2021 - 07:54:00 WIB
Satgas Covid Antisipasi Ancaman Gelombang Ketiga dari Dalam Negeri
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah saat ini terus mewaspadai kemungkinan munculnya gelombang ketiga di tanah air. Dia mengatakan jika melihat pola sebelumnya maka lonjakan kasus di Indonesia terjadi tiga bulan setelah negara lain mengalaminya.  

“Melihat pola lonjakan kasus di Indonesia yang berselang tiga bulan dari lonjakan di negara lain seperti India, Malaysia dan Jepang maka kita harus waspada dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan agar kita tidak menyusul lonjakan ketiga dalam beberapa bulan ke depan,” katanya dikutip dari kanal Youtube BNPB, Rabu (22/9/2021).

Namun begitu dia menyebutkan bahwa umumnya peluang lonjakan kasus di Indonesia terjadi saat datang libur panjang dan pelaksanaan kegiatan besar di masyarakat. Sehingga dia mengingatkan bahwa ancaman gelombang ketiga dari dalam negeri juga perlu diantisipasi.

“Walaupun terdapat gelombang baru di beberapa negara lain di dunia namun kita juga perlu memperhatikan ancaman lonjakan kasus yang ada di dalam negeri akibat faktor yang khas ditemui di Indonesia. Misalnya tradisi berkumpul dan berpergian saat hari raya yang sering kali menyebabkan masyarakat abai terhadap protokol kesehatan,” ungkapnya.

Wiku pun mengingatkan bahwa potensi kenaikan kasus dapat dihindari apabila tidak mengendorkan pelaksanaan kebijakan berlapis. Seperti akselerasi vaksinasi, pengendalian mobilitas dalam dan luar negeri, pengendalian aktivitas masyarakat dan menggalakan upaya 3T dan 3M.

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel: