SBY: Saya Bukan Tipe Pemimpin yang Suka Memberikan Angin Surga

Felldy Utama ยท Sabtu, 10 November 2018 - 12:47 WIB
SBY: Saya Bukan Tipe Pemimpin yang Suka Memberikan Angin Surga

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan pembekalan kepada para caleg, Jakarta, Sabtu (10/11/2018).

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan pembekalan kepada para caleg. Pada kesempatan itu, SBY mengingatkan Pemilu 2019 merupakan terberat dibandingkan sebelumnya.

Salah satu faktornya, Partai Demokrat tidak memiliki kader sendiri yang diusung sebagai calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres). Apalagi, Pemilu 2019 dilaksanakan serentak dengan pilpres.

"Saya ulangi jauh lebih berat. Saya bukan tipe pemimpin yang suka memberikan angin surga. I have to tell the truth," ujar SBY, dalam sambutannya, di pembekalan caleg Partai Demokrat, di Kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu, (10/11/2018).

Menurutnya, survei membuktikan, saat ini partai politik (parpol) yang mempunyai capres sangat diuntungkan. Misalnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mengusung Joko Widodo (Jokowi) dan Partai Gerindra yang mengusung Prabowo Subianto.

BACA JUGA:

Jokowi Buka Pembekalan Caleg Partai Hanura di Ancol

Fadli Zon: Pidato Prabowo soal Setop Impor Banyak Dipelesetkan

"Sebaliknya parpol yang tidak punya capres dan cawapres suaranya menurun, anjlok. Itu realitas. Itu juga tecermin dari survei saat ini," ucapnya.

Faktor lain yang memberatkan dalam Pemilu 2019, kata dia, dengan adanya presidential threshold (PT) 20 persen yang mengacu hasil suara pemilu sebelumnya. Padahal, jika pemilunya serentak PT seharusnya 0 persen.

"Itulah faktanya para kader, dan itulah tantangan yang kita hadapi. Namun Partai Demokrat tidak boleh melawan realitas," katanya.


Editor : Kurnia Illahi