Sekjen Perindo: Ibu Kota Dipisah dengan Pusat Bisnis Ciptakan Pemerintahan Sehat

Aditya Pratama ยท Minggu, 25 Agustus 2019 - 07:57 WIB
Sekjen Perindo: Ibu Kota Dipisah dengan Pusat Bisnis Ciptakan Pemerintahan Sehat

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Perindo Ahmad Rofiq. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Rencana pemindahan ibu kota Indonesia dari DKI Jakarta ke salah satu kota di Pulau Kalimantan semakin menguat. Bahkan kementerian terkait pun telah mengeluarkan beberapa desain yang menggambarkan lokasi di pusat ibu kota baru nanti.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Perindo Ahmad Rofiq menilai, pemisahan ibu kota dengan pusat bisnis akan mampu menciptakan pemerintahan yang sehat. Dia mencontohkan beberapa negara seperti Amerika Serikat, India, dan Malaysia yang berhasil memisahkan antara ibu kota dengan pusat bisnis.

"Pemisahan ini juga mampu menciptakan pemerintahan yang sehat dalam birokrasi juga dalam pelayanan banyak hal juga cukup baik," ucap Rofiq kepada iNews.id, Minggu (25/8/2019).

Mantan wakil sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf ini menambahkan, saat ini kondisi Jakarta sangat rumit, mulai dari urusan bisnis, politik, pemerintahan, sosial masyarakat yang tercampur aduk menjadi satu di Jakarta.

"Iklimnya sudah sangat tidak sehat, maka dengan adanya upaya pemindahan ibu kota bisa juga menjadi jalan baru untuk mempercepat bangsa ini dalam mencapai kemajuannya," kata Rofiq.

Mantan ketua umum DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ini menambahkan, keinginan pemindahan ibu kota tidak hanya terjadi di era pemerintahan Presiden Joko Widodo saja, presiden terdahulu juga memiliki cita-cita untuk memindahkan ibu kota negara.

"Pemindahan ibu kota juga menjadi bagian dari pemerataan pembangunan. Indonesia ini ditopang oleh semua provinsi, semua teritorial geografis (kepulauan) dan budaya, dan bila semua teritorial ini berkembang secara bersama-sama tentu ini akan menjadi kekuatan tersendiri bagi Indonesia secara keseluruhannya," tutur Rofiq.

Editor : Djibril Muhammad