Selain Bandung, 'Kelompok Hitam' Juga Rusak Fasilitas Umum di Jakarta

Rani Stones Sanjaya ยท Rabu, 01 Mei 2019 - 20:33 WIB
Selain Bandung, 'Kelompok Hitam' Juga Rusak Fasilitas Umum di Jakarta

Kelompok berpakaian serbahitam merusak pagar pembatas busway di kawasan Tosari, Jakarta Pusat, saat peringatan Hari Buruh, Rabu (1/5/2019). (Foto: iNews/Rani Stones)

JAKARTA, iNews.id – Sekelompok pemuda berpakaian serbahitam dan memakai penutup wajah terlihat merusak sejumlah fasilitas umum di Jakarta pada saat berlangsungnya aksi demonstrasi peringatan Hari Buruh Sedunia (May Day), Rabu (1/5/2019) siang. Insiden serupa juga terjadi di beberapa kota lainnya di Indonesia.

Berdasarkan pantauan, gerombolan pemuda berpakaian serbahitam tampak berlarian saat massa buruh terlibat kericuhan dengan aparat kepolisian di kawasan Tosari, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Mereka tampak mencopot paksa dan menginjak-injak pagar pembatas jalur bus Transjakarta (busway) di lokasi itu.

Seusai beraksi anarkistis, kelompok yang belum diketahui identitasnya itu lalu bergabung bersama massa buruh yang menggelar aksi di Bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha. Mereka membawa bendera hitam bertuliskan huruf A dalam lingkaran (simbol anarki)—yang biasa dipakai kelompok gerakan antikapitalisme dan antiglobalisasi di sejumlah negara sejak 1990-an.

Hingga kini, pihak kepolisian belum memberikan keterangan terkait gerombolan misterius itu. Belum diketahui apakah mereka memang bagian dari buruh atau memang kelompok anarkistis antipemerintah yang beraksi dengan menyusupi peringatan May Day.

Sebelumnya, kelompok berpakaian serbahitam diketahui juga terlihat bertindak destruktif dalam aksi buruh di Bandung (Jawa Barat) dan Makassar (Sulawesi Selatan).

Editor : Ahmad Islamy Jamil