Sepakat Ibu Kota Baru Bernama Nusantara, DPR : Bersifat Khusus Setingkat Provinsi

Kiswondari · Senin, 17 Januari 2022 - 13:45:00 WIB
Sepakat Ibu Kota Baru Bernama Nusantara, DPR : Bersifat Khusus Setingkat Provinsi
DPR setuju nama ibu kota baru bernama Nusantara (Foto : MNC)

JAKARTA, iNews.id – Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) DPR bersama dengan pemerintah bersepakat ibu kota negara baru yang bernama Nusantara akan menjadi daerah setingkat provinsi. Hal ini diputuskan dalam Rapat Pansus RUU IKN, Senin (17/1/2022) siang ini.  

“Jadi bisa kita sepakati ya Pasal 1 nomor 2, jadi ibu kota negara Nusantara yang selanjutnya disebut sebagai ibu kota negara Nusantara adalah satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus setingkat provinsi yang wilayahnya menjadi tempat kedudukan ibu kota negara sebagaimana ditetapkan dengan undang-undang ini,” kata Wakil Ketua Pansus RUU IKN DPR, Saan Mustopa di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin.

Saan menjelaskan, terkait dengan wilayah akan masuk catatan. Kemudian, terkait dengan Pasal 1 nomor 2, secara substansi semua pihak sudah sepakat untuk namanya yakni Nusantara. Sama halnya dengan status ibu kota negara yang setingkat provinsi.

“Kedua pemerintahan daerah khusus setingkat provinsi itu kan sudah oke semua. Nah mau saya ini kita sepakati dulu kita ketok, pemerintah nanti memberikan penjelasan,” ujarnya.

Kemudian, Ketua Pansus RUU IKN DPR Ahmad Doli Kurnia meyakini pemerintah pastinya sudah merenung dan berkontemplasi dalam mencari nama yang baik untuk ibu kota negara baru ini. Untuk itu, fraksi-fraksi hanya perlu mendengarkan penjelasan pemerintah.

“Kalau soal istilah, pasti pemerintah sudah merenunglah, kontemplasi, mencari kata yang terbaik kiri-kanan. Tinggal kita minta penjelasan saja pemerintah kenapa dinamai Nusantara, sepakat ya setuju ya?,” ujar politikus Partai Golkar ini.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel: