Setelah Ridwan Kamil, Doni Monardo Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

Dita Angga ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:13 WIB
Setelah Ridwan Kamil, Doni Monardo Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. (Foto: BNPB).

JAKARTA, iNews.id - Setelah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, kini Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo mendaftar jadi relawan uji klinis vaksin covid-19. Seperti diketahui uji klinis vaksin hasil kerja sama dengan perusahaan asal China, Sinovac itu membutuhkan 1.620 relawan.

Kabar itu disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Adisasmito. Pengumuman itu disampaikan dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, kamis (13/8/2020).

“Kami ingin menyampaikan Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letjen Doni Monardo telah mendaftarkan diri sebagai relawan uji klinis vaksin covid-19,” kata Wiku.

Wiku mengatakan Doni ikut mendaftar sebagai bentuk komitmen pemerintah mendukung pengembangan vaksin covid-19. Menurutnya uji klinis perlu didukung untuk segera menghadirkan perlindungan bagi masyarakat Indonesia dari covid-19.

“Ini merupakan komitmen pemerintah yang terus berupaya keras memberikan perlindungan maksimal kepada seluruh rakyat Indonesia melalui program vaksinasi,” ucapnya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil menyampaikan kepada Presiden Jokowi, dirinya telah masuk di dalam daftar 1.620 relawan uji klinis tahap III vaksin covid-19. Dia mengatakan langkah ini diambilnya untuk mengurangi hoaks dan spekulasi di masyarakat terkait vaksin covid-19.

“Saya, Pak Kapolda Jawa Barat, dan Pangdam Siliwangi mendaftarkan diri sebagai relawan. Salah satunya untuk menurunkan spekulasi-spekulasi dan provokasi yang tidak perlu,” tuturnya.

Editor : Rizal Bomantama