Soal Perpanjangan Operasi SAR Sriwijaya Air, Basarnas Tunggu Hasil Evaluasi Besok

Komaruddin Bagja Arjawinangun, Sindonews ยท Minggu, 17 Januari 2021 - 13:31:00 WIB
Soal Perpanjangan Operasi SAR Sriwijaya Air, Basarnas Tunggu Hasil Evaluasi Besok
Basarnas melaksanakan operasi SAR mencari korban dan pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di Kepulauan Seribu. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Masa operasi SAR pencarian korban dan pesawat Sriwijaya Air akan berakhir Senin (18/1/2021) besok. Namun Basarnas masih menunggu hasil evaluasi untuk memutuskan perpanjang atau tidaknya operasi SAR tersebut. 

"Tadi pertnyaannya perpanjangan ada lagi tidak? Kita melihat hasil nanti karena kan perpanjangan pertama itu kan sampai dengan hari Senin. Nanti akan kita evaluasi bagaimana apakah mau diperpanjang atau tidak menunggu hasil evaluasi besok," kata Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Basarnas, Mayjen TNI Bambang Suryo Aji di JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (17/1/2021).

Beberapa pertimbangan antara lain Cockpit Voice Recorder (CVR) belum ditemukan. Selain itu, bagian tubuh korban masih terus ditemukan.

"Jadi begini, kita lihat situasi di lapangan kemudian juga ada beberapa instrumen pesawat yang belum ditemukan seperti CVR dan lain-lain. Kemudian korban juga saya lihat setiap hari masih banyak kita mengevakuasi bagian tubuh korban. Nanti kita lihat perkembangannya apakah di sana berkurang atau lain karean pengaruh sudah terbawa arus dan sebagainya," tuturnya.

"Sehingga pertimbangan ini juga menjadikan perhatian kita dihadapkan dengan pihak keluarga korban mungkin dia menginginkan keluarganya yang mendapatkan musibah ini bisa diidentifikasi," sambung Bambang.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2