Suharso Monoarfa Dicopot, Waketum DPP PPP: Hanya Menindaklanjuti Keputusan Ulama

Martin Ronaldo ยท Selasa, 06 September 2022 - 01:15:00 WIB
Suharso Monoarfa Dicopot, Waketum DPP PPP: Hanya Menindaklanjuti Keputusan Ulama
Suharso Monoarfa dicopot dari jabatan ketua umum PPP. (Foto: Ist.)

JAKARTA, iNews.idPPP telah memberhentikan Suharso Monoarfa selaku ketua umum dan menggantikannya dengan Muhammad Mardiono sebagai pelaksana tugas pemimpin partai berlambang Ka'bah itu. Wakil Ketua Umum DPP PPP, Amir Uskara, mengklaim langkah itu sudah menjadi keputusan para ulama yang menjadi dasar pijakan pergerakan PPP dalam menjalankan nilai-nilai Islam dalam berbangsa dan bernegara. 

"Bahwa ada persoalan saya kira ini hanya menindaklanjuti apa yang menjadi keputusan ulama-ulama kita melalui Majelis Syariah (PPP). Jadi ini Majelis Syariah kita sudah mengambil keputusan karena kita ini adalah partai warisan ulama," kata dia di sela acara Bimtek Legislator Fraksi PPP se-Indonesia di Jakarta, Senin (5/9/2022). 

"Kalau ulama kita sudah ambil keputusan tentu kita sami'na wa atha'na," ujar politikus yang juga ketua Fraksi PPP di DPR itu. 

Menurut dia, kondisi yang terjadi di internal PPP saat ini menjadi awal dari kebangkitan dan proses konsolidasi dalam upaya pemenangan partai itu menjelang Pemilu 2024. Pemberhentian Suharso diputuskan lewat kesepakatan pimpinan tiga majelis, yaitu Majelis Syariah, Majelis Pertimbangan, dan Majelis Kehormatan PPP. Keputusan tiga majelis itu lantas ditindaklanjuti oleh pengurus harian PPP melalui forum Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) di Banten yang dihadiri oleh 30 ketua dan sekretaris DPW. 

"Tentu masih ada proses setelah ini," ucapnya. 

Kendati demikian, kata Amir, apa pun yang tengah terjadi di DPP PPP, sebisa mungkin diselesaikan hanya sampai ditingkatan DPP dan tidak melebar luas hingga ke DPW atau DPC. "Tapi apapun itu barusan saya bersama dengan teman-teman DPW menyampaikan bahwa pasukan itu ada di daerah, kalau di DPP ada persoalan biarkanlah DPP yang menyelesaikan ini terjadi pada periode kemarin," ungkapnya. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda