Suhu Lebih Dingin Bantu Kendalikan Kebakaran Hutan Australia

Nathania Riris Michico ยท Senin, 13 Januari 2020 - 15:50 WIB
Suhu Lebih Dingin Bantu Kendalikan Kebakaran Hutan Australia

Layar-layar Gedung Opera Sydney menampilkan gambar-gambar yang memberi dukungan pada masyarakat yang terdampak kebakaran lahan dan mengucapkan terima kasih kepada para anggota dinas pemadam kebakaran, 11 Januari 2020. (FOTO: AFP)

SYDNEY, iNews.id - Kebakaran hutan Australia semakin terkendali berkat suhu lebih dingin dan angin yang tak terlalu kencang dan stabil. Hal itu disampaikan para pejabat dinas kebakaran.

Tim-tim dekat Kota Bodalla, New South Wales, negara bagian yang paling terkena dampak kebakaran hutan berminggu-minggu, mengatakan mereka berhasil mengubah strategi dari "bertahan" menjadi "menyerang," dan berupaya memastikan agar kebakaran tidak mencapai jalan raya utama.

Dilaporkan Associated Press, Senin (13/1/2020), kebakaran di Gospers Mountain di barat laut Sydney, yang terjadi sejak Oktober, akhirnya terkendali pada Minggu (12/1/2020) berkat hujan intensitas ringan, menurut laporan harian Sydney Morning Herald.

Pada Minggu (12/1/2020) malam, 111 kebakaran masih membara di seluruh negara bagian New South Wales. Sebanyak 40 di antaranya masih tak terkendali, menurut Dinas Kebakaran NSW.

Sejak September, sedikitnya 27 orang tewas dalam kebakaran hutan Australia. Lebih dari 10 juta hektar lahan -luasnya lebih besar dari Portugal- terbakar.


Editor : Nathania Riris Michico