Syarief Hasan: Banyak Kader PDIP Minta Rekomendasi Demokrat di Pilkada 2020

Kiswondari Pawiro ยท Jumat, 07 Agustus 2020 - 14:30 WIB
Syarief Hasan: Banyak Kader PDIP Minta Rekomendasi Demokrat di Pilkada 2020

Wakil Ketua MPR dari Fraksi Demokrat Syariefuddin Hasan. (Foto: iNews.id/ Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Pada Pilkada 2020, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Partai Demokrat beberapa kali berbeda pendapat. Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat bahkan sempat mengatakan partainya enggan berkoalisi dengan Demokrat.

Pendapat berbeda disampaikan Wakil Ketua MPR dari Fraksi Demokrat Syariefuddin Hasan. Dia mengakui politik nasional dan daerah berbeda kondisinya. Menurut catatannya, banyak kader PDIP di daerah yang meminta rekomendasi Partai Demokrat untuk maju di Pilkada 2020.

"Jadi memang politik nasional dengan politik daerah ini berbeda ya kan, berbeda sekali karena menurut data di kami banyak kader-kader PDIP itu yang minta rekomendasi dari Demokrat dan ternyata itu persentasenya teratas," katanya kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (7/8/2020).

Politikus senior Partai Demokrat ini menuturkan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga menyebut dalam kunjungan ke Ketua DPR yang juga politikus PDIP, Puan Maharani, kedua partai ini banyak bekerja sama di Pilkada 2020.

"Jadi gimana datanya itu lebih banyak dibandingkan dengan partai-partai lain justru PDIP di daerah banyak yang merapat ke Demokrat. Nah, ini fakta. Jadi politik nasional dan politik daerah itu berbeda," ujarnya.

Editor : Djibril Muhammad