Tak Ada Tes PCR, Kasus Covid-19 di Asmat Papua Naik

Dita Angga ยท Jumat, 06 November 2020 - 06:37:00 WIB
Tak Ada Tes PCR, Kasus Covid-19 di Asmat Papua Naik
Ilustrasi Virus Corona (foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Jumlah kasus virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Asmat terus mengalami peningkatan. Namun, penanganan terkendala tidak memadainya fasilitas kesehatan.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah berupaya untuk menyediakan alat tes PCR di Kabupaten Asmat. Hal ini mengingat belum adanya alat tes PCR di kabupaten tersebut.

“Jadi pemerintah terus berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Asmat untuk dapat sediakan alat PCR dan tentunya dengan pendukungnya termasuk SDM,” katanya saat konferensi pers, Kamis (5/11/2020).

Dia berharap jika nanti alat tes disediakan akan semakin memudahkan testing di Kabupaten Asmat. Dia mengatakan untuk sementara Asmat dibantu pemerintah daerah sekitarnya.

“Dan kami harap alat PCR ini dapat tersedia sehingga memudahkan pemkab asmat untuk melakukan testing. Sementara waktu didukung pemda di sekitarnya termasuk Jayapura,” katanya.

Dia mengakui kekurangan alat testing dan SDM menjadi kendala yang dihadapi pemerintah saat ini. Pemerintah, menurut Wiku, terus memonitor kasus di Asmat.

“Jadi alat testing dan tenaga pemeriksa merupakan kendala yang dihadapi pemerintah dalam melakukan testing tapi dalam waktu ke waktu sudah terjadi peningkatan. Saat ini koordinasi telah dilakukan dengan pemda dan laboratorium untuk memastikan kecukupan alat testing dan SDM. Total alat dan SDM yang dibutuhkan sangat bergantung pada jumlah masyarakat dan luas daerah,” katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel: