Tekan Penyebaran Covid-19, Pemerintah Diminta Terapkan Pembatasan Secara Nasional

felldy · Rabu, 20 Januari 2021 - 04:42:00 WIB
Tekan Penyebaran Covid-19, Pemerintah Diminta Terapkan Pembatasan Secara Nasional
Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali tidak akan efektif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra menyebut Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali tidak akan efektif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Menurut dia, kebijakan PPKM ini jika masih diterapkan secara parsial atau hanya pada segmentasi wilayah tertentu saja tidak akan berjalan mulus. 

Kebijakan secara nasional harus benar-benar bisa diterapkan oleh pemerintah. "Nah jadi kalaupun dikembalikkan pada istilah aslinya PSBB, PSBB nasional. Ini baru bisa memutus mata rantai Covid-19. Tetapi kalau parsial atau tersegmentasi seperti saat ini tidak lagi efektif. Kasus akan terus naik, bahkan rekor-rekor baru pun akan terus tercipta," katanya saat dihubungi MNC Portal, Selasa (19/1/2021) malam.

Dia menjelaskan, kenaikan kasus harian sekarang ini memang disebabkan oleh berbagai faktor yang sudah kumulatif sifatnya. Tidak hanya berkaitan dengan aktivitas saja, tetapi memang transmisi dan kecepatan virus ini luar biasa.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2