Tenaga Medis yang Gugur saat Tangani Covid-19 Akan Dapat Bintang Tanda Jasa

Felldy Utama ยท Sabtu, 08 Agustus 2020 - 18:49 WIB
Tenaga Medis yang Gugur saat Tangani Covid-19 Akan Dapat Bintang Tanda Jasa

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto: iNews.id/ Riezky Maulana).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan memberikan bintang tanda jasa dan kehormatan kepada para tenaga medis yang gugur saat bertugas dalam penanganan wabah virus corona (Covid-19). Rencana tersebut telah diputuskan oleh Dewan Gelar Pemberian Tanda Jasa dan Kehormatan.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, pemberian bintang tanda jasa tersebut dilaksanakan Kamis (13/8/2020).

"Kamis akan datang (pemerintah) akan menyerahkan 22 bintang jasa kepada tenaga medis yang gugur," ujar Mahfud dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu (8/8/2020).

Dia menyampaikan, dari 22 bintang jasa yang diberikan, akan dibagi menjadi 2 kelas, yakni 9 bintang pratama dan 13 bintang nararya. Selanjutnya, kata dia pemerintah akan terus mendata siapa saja tenaga medis yang gugur dalam penanganan Covid-19.

"Dan itu akan diberikan nanti bersama dengan penyerahan medali kepeloporan, bintang mahaputra, bintang penegak demokrasi utama, bintang penegak demokrasi pratama dan sebagainya," ucapnya.

Menurutnya, pemerintah juga akan memberikan santunan kepada keluarga dari tenaga kesehatan yang gugur saat bertugas dalam penanganan Covid-19.

"Santunan diberikan kepada setiap dokter spesialis, dokter umum, apakah itu tenaga medis biasa, kalau meninggal pemerintah menyediakan santunan Rp300 juta dan itu langsung diberikan ke keluarganya dalam waktu cepat, dalam bentuk uang," katanya.

Editor : Kurnia Illahi