Terduga Teroris di Bogor yang Siapkan 6 Bom pada 22 Mei Beli Bahan via Online

Irfan Ma'ruf ยท Minggu, 19 Mei 2019 - 14:31 WIB
Terduga Teroris di Bogor yang Siapkan 6 Bom pada 22 Mei Beli Bahan via Online

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo

JAKARTA, iNews.id - Densus 88 Antiteror mengamankan beberapa barang bukti: bahan peledak kimia, beberapa panci, paku, rangkaian detonator, senjata tajam dan buku-buku jihad saat menggeledah rumah terduga teroris E alias AR (51) di Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu, 18 Mei 2019. Sebanyak Enam bom sudah dirakit, yang satunya berbentuk panci.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, terduga teroris E mendapatkan bahan-bahan peledak tersebut melalui transaksi online. Bahan peledak juga didapatkan dari toko kimia.

"Beli secara online dan juga beli di toko kimia," katanya saat dihubungi iNews.id, Minggu (17/5/2019).

BACA JUGA:

Polisi: Terduga Teroris Siapkan Enam Bom Sasar Kerumunan Massa di Aksi 22 Mei

Terduga Teroris di Cibinong Pernah Ajak Teman Sesama Juru Parkir untuk Jihad

Terduga Teroris Jaringan ISIS Ditangkap di Bogor, Densus Sita Bahan Peledak

Dedi mengatakan, bahan-bahan yang telah dibeli tersebut kemudian dibawa ke rumah dan dibuat dengan kemampuan yang dia miliki. "Beli bahan-bahannya dan membuatnya. Sudah ada 6 bom yang jadi dan 1 bom panci skala besar yang sedang dirakit," ujarnya.

Dedi menyebut, terduga E memiliki keahlian dalam merakit berbagai jenis bom. Bahkan, dia mempunyai laboratorium perakitan bom dengan berdaya ledak tinggi di dalam rumahnya.

"Bukan hanya TATP tapi berabagi senyawa dicoba. Makanya dia memiliki laboratorium untuk membuat bom alat-alatnya sudah disiapkan," ujar Dedi.

Dedi mengatakan, kemampuan E dalam merakit bom melampaui jaringan teroris sebelumnya yang ditangkap di Bekasi dan Lampung. "Kemampuan merakit tingkatannya juga jauh lebih tinggi di banding JAD Bekasi atas nama EY," ucapnya.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror menangkap terduga teroris E alias AR di Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Jumat 17 Mei 2019 sore.

Kemudian Densus 88 Antiteror mengolah tempat kejadian perkara (TKP) di rumahnya di Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/5/2019).

Dari dalam rumah juru parkir itu, polisi mengamankan beberapa barang bukti di antaranya bahan peledak kimia, beberapa panci, paku, rangkaian detonator, senjata tajam dan buku-buku jihad.


Editor : Djibril Muhammad