Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Mendagri Tito Raih Gelar Petua Panglima Hukom dari Wali Nanggroe Aceh, Ini Maknanya
Advertisement . Scroll to see content

Tito Karnavian Luncurkan Aplikasi Gisa, Bantu Layani Administrasi Kependudukan saat Corona

Jumat, 27 Maret 2020 - 22:15:00 WIB
Tito Karnavian Luncurkan Aplikasi Gisa, Bantu Layani Administrasi Kependudukan saat Corona
Mendagri Tito Karnavian dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Senin (16//3/2020). (Foto: Dok Kemendagri)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meluncurkan pemanfaatan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan berupa Chatbot bernama Gisa. Dia mengatakan melalui chatbot masyarakat bisa mendapatkan informasi mengenai layanan administrasi kependudukan.

"Dengan Chatbot Gisa, masyarakat bisa bertanya layaknya percakapan dengan seorang petugas. Gisa akan selalu memberi informasi akurat yang bersumber dari Dukcapil,” katanya dalam keterangan tertulisanya, Jumat (27/3/2020).

Tito mengatakan masyarakat membutuhkan informasi yang cepat dan akurat. Melalui pencarian di web, informasi sering kali tidak akurat, karena belum tentu sumbernya resmi dan bisa saja sudah kedaluwarsa karena ada perubahan aturan.

Chatbot ini dinilai dapat memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat di tengah physical distancing. Sehingga masyarakat tidak perlu bolak balik ke Kantor Dukcapil.

"Dengan informasi yang lengkap ini masyarakat terhindar bolak-balik ke kantor layanan karena persyaratan yang tidak lengkap," katanya.

Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah Chatbot Gisa adalah hasil kerja sama antara Ditjen Dukcapil dengan Korpri. Dia mengatakan Gisa ada di aplikasi android AKUI.

“Aplikasi ini sangat mudah diakses dan bisa diunduh secara gratis melalui Google Playstore dengan kata kunci AKUI,” ucapnya.

Dengan memanfaatkan Chatbot Gisa, Dukcapil dapat terus melayani masyarakat dan tetap menerapkan standar informasi. Mulai dari pelayanan di Kantor Layanan Dukcapil, seperti prosedur pembuatan KTP dan KK, syarat-syarat pencatatan pernikahan, akta kelahiran, sampai informasi biaya.

“Ini dapat diperoleh dari Gisa secara cepat dan akurat,” katanya.

Mantan Kapolri ini menambahkan, dalam beberapa waktu ke depan, masing-masing Kantor Layanan Dukcapil akan secara khusus meningkatkan pelayanan publik di daerahnya dengan memberikan informasi spesifik. Misalnya lokasi kantor layanan, nomor kontak petugas, informasi waktu penyelesaian, serta menerima masukan dari masyarakat.

“Dengan demikian, meskipun tanpa kontak langsung, pelayanan masyarakat yang diperoleh dari Ditjen Dukcapil Kemendagri akan terus berjalan, baik di tingkat nasional maupun daerah,” katanya.

Editor: Muhammad Fida Ul Haq

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut